BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pasi Ops Beserta Danramil 03 dan 05 Kodim 0735/Surakarta Mengikuti Rakor Pam Malam 1 Suro
Pasi Ops Beserta Danramil 03 dan 05 Kodim 0735/Surakarta Mengikuti Rakor Pam Malam 1 Suro

Pasi Ops Beserta Danramil 03 dan 05 Kodim 0735/Surakarta Mengikuti Rakor Pam Malam 1 Suro

SURAKARTA, Keraton Surakarta Solo bakal menyambut Tahun Baru Islam, atau biasa disebut 1 Suro dengan kirab pusaka  pada hari kamis malam tanggal 21 September 2017.

Sehubungan dengan Kirab Pusaka dalem keraton Hadiningrat tersebut maka Pasiops, Danramil 03  & 05 Kodim 0735 Surakarta pada hari Minggu tanggal 17 September 2017 pukul 15.00 s.d selesai menghadiri rapat koordinasi Pengamanan kegiatan Kirab Pusaka keraton Dalem Hadiningrat Kasunanan Surakarta. Bertempat di sasono putro Kasunanan Surakarta.
Dalam kesempatan rakor PAM ini ada yang istimewa karena Sinuhun Pakubowono XIII beserta Kanjeng Ratu Pakubowono XIII berkenan hadir. Rakor PAM sendiri di pimpin oleh Pangageng Sasono putro KGPH Benowo. Dalam keterangannya KGPH Benowo menyampaikan bahwa kegiatan kirab pusaka dan kebo Bule keraton Kasunanan Surakarta di mulai pada  tahun 1971 atas permintaan dari presiden ke II alm. H.M Suharto. Yang akhirnya kegiatan tersebut berlangsung tiap 1 Suro hingga sekarang.

Selain itu KGPH Benowo juga menyampaikan adanya kesalahan persepsi orang sampai saat ini mengenai pusaka *Kyai Slamet* dimana orang – orang menyangka adalah kebo Bule. Padahal pusaka tersebut bukan *Kebo Bule* namun memang ada pusakanya. Dan juga anggapan orang mengenai kotoran dari Kebo yang membawa manfaat, padahal tidak sama sekali. Hal inilah yang harus di luruskan.Jumlah pusaka yang akan di kirab berkisar antara 13 s.d 14 pusaka di tambah dengan kebo bule, yang pada pelaksanaan tahun ini yang akan di kirab sekitar 7 ekor terdiri dari 2 jantan dan 5 betina.

Pelaksanaan gelar kirab pusaka dan rombongan kebo bule Keraton kasusunan Surakarta pada Kamis tanggal 21 September 2017 dengan dasar yang digunakan oleh Kasunanan adalah mengacu pada penanggalan yang dibuat pada masa Sultan Agung.

Pengangeng Sasono putro Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Benowo menyampaikan bahwa sesuai perhitungan tahun yang dibuat oleh Sultan Agung maka Tahun DAL  2017Jawa tanggal 1 Suro jatuh pada Jumat Kliwon tanggal 22 September 2017 sehingga pelaksanaan Kirab pusaka dan Kebo Bule akan dimulai pada 21 September 2017 malam.

“Perbedaan antara penetapan Pemerintah dengan kalender Sultan Agung juga pernah terjadi sebelumnya. Jadi bukan masalah kalau memang harus dilaksanakan berbeda. Kami juga sudah koordinasikan dengan berbagai instansi terkait tentang waktu pelaksanaan kirab itu,” ujar KGPH. Benowo.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer