BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pasiter Kodim 0705/Magelang Saksikan Penyerahan Alsintan
Pasiter Kodim 0705/Magelang Saksikan Penyerahan Alsintan

Pasiter Kodim 0705/Magelang Saksikan Penyerahan Alsintan

Magelang, Senin ( 23/3) Pemerintah Kabupaten Magelang menyerahkan Alsintan (Alat Mesin Pertanian ) berupa traktor dan pompa air dari pemerintah pusat kepada para petani.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan oleh Wakil Bupati Magelang H M Zaenal Arifin, SH dengan disaksikan oleh Pasiter Kodim 0705/Magelang, Kapten Inf Puji Basuki, Plt Sekda Kabupaten Magelang, Agung Trijaya, SH. MH, Kadistanbunhut Kabupaten Magelang, Ir Wijayanti, MSi.

Dalam sambutanya Wakli Bupati, M Zainal Arifin SH mengatakan bahwa bantuan alsintan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap petani guna meningkatkan hasil pertanian untuk mencapai swasembada pangan. Traktor dan mesin pompa air diharapkan bisa dipakai dengan sebaik – baiknya dan dilakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik. Kedepannya Wabup juga berharap agar bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi para petani, agar hasil panen dapat meningkat. Sehingga program yang dicanangkan oleh pemerintah bisa tercapai.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Ir. Wijayanti, MSi.
Dalam sambutannya menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bentuk  dukungan  kegiatan peningkatan pencapaian swasembada pangan dari pemerintah pusat.

Traktor dan pompa air tersebut diserahkan kepada para penerima, yaitu para kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Secara keseluruhan ada 27 buah traktor dan 14 mesin pompa air yang diserahkan kepada para penerima. Bantuan alsintan tersebut diterima oleh Ketua Kelompok Tani yang sebelumya terlebih dulu menyerahkan proposal dan dilakukan verifikasi oleh tim dari Distanbunhut Kabupaten Magelang. Setelah persyaratan terpenuhi maka timbulah surat keputusan penerimaan bantuan.

Ir. Ahmad Taufik, MMA Kasi Kelembagaan Distanbunhut Kabupaten Magelang menjelaskan salah satu syaratnya adalah kelompok tani atau upja (usaha pelayanan jasa alsintan), luas lahan 15 sampai 25 Ha, belum ada / masih kekurangan traktor dan penerima harus mau / sanggup memelihara alsintan tersebut serta dikelola secara kelembagaan (upja).  Untuk pompa air harus disertakan syarat bahwa diwilayah tersebut ada sumber air yang bisa diambil mengairi sawah.

Kozim, 46 tahun, Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Jogomulyo, Tempuran mengatakan senang mendapat bantuan pompa air, karena disaat musim kemarau kesulitan air. Dengan bantuan ini sangat membantu petani untuk mengairi sawah di musim kering.

“Senang rasanya, karena disaat musim kering kita tidak kesulitan untuk menyedot air dari sungai untuk dialirkan ke persawahan” ujar Kozim sambil mengemasi pompa bantuan itu.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer