BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / PASITER KODIM DEMAK HADIRI TOYOTA ORGANIC VILLAGE
PASITER KODIM DEMAK HADIRI TOYOTA ORGANIC VILLAGE

PASITER KODIM DEMAK HADIRI TOYOTA ORGANIC VILLAGE

DEMAK – Komandan Kodim 0716/Demak yang di wakilkan oleh Pasiter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi menghadiri acara Toyota Organic Village yang memberdayakan petani melalui pertanian berbasis organik di Desa Mlaten Kecamatan Mijen Demak,Rabu (8/3)

Turut hadir dalam giat tersebut diantaranya Gubernur jateng (diwakili sekda jateng Dr ir sripujiyono KS. MP. ),Bupati demak ( diwakili staf ahli bidang ekonomi dan ke uangan Dr. Murdiyanto.MM. ), Presiden PT .Toyota – Astra motor Henry tanoto),Dandim demak ( diwakili Pasi Ter kapten inf Mulyadi), Kapolres demak ( diwakili kapolsek mijen AKP. I Nyoman ),Ka Jari demak ( di wakili Kasi intel Faturohman SH.MH ), Ka pertanian demak bp Ir wibowo serta Ketua yayasan ARGA CITRA bpk Fais Sueb.

Komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk memperluas cakupan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di bidang lingkungan kembali diwujudkan pada 2017 ini. Vice President Director TAM Henry Tanoto menyatakan, sebelumnya telah sukses dengan program Car for Tree dengan memberdayakan berbagai fasilitas lingkungan.

“Sejak 2010 kami memberdayakan berbagai fasilitas lingkungan antara lain Ancol Eco Park dan Taman Semanggi di Jakarta. Kini memperluas program Car for Tree melalui kegiatan Toyota Organic Village yang memberdayakan petani melalui pertanian berbasis organik di Desa Mlaten,” kata Henry saat peresmian Toyota Organic Village di Desa Mlaten Kecmatan Mijen Kabupaten Demak.

Toyota Organic Village merupakan program yang dirancang dan direalisasikan TAM dan New Ratna Motor sebagai salah satu founder dealer Toyota. Untuk pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan dengan melibatkan masyarakat petani di Desa Mlaten.

Pengembangan desa berbasis pertanian organik ini sejalan dengan visi pemerintah dalam pembangunan lndonesia yaitu untuk memperkuat desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan produktivitas rakyat serta mewujudkan kemandirian ekonomi.

Toyota dalam membantu petani untuk mengembangkan pertanian organik, pertama dalam bentuk pendidikan dan pengembangan ketrampilan pertanian organik. Mulai pelatihan bimbingan tentang pembuatan sarana produksi organik (pembuatan pupuk, bibit, dan pestisida), sistem budidaya pertanian organik, teknologi pasca panen dan distribusi dan pemasaran beras organik.

Kedua dalam bentuk fasilitas alat-alat pertanian yaitu bangunan dan mesin pengering dan penggiling padi. Bentuk fasilitas lain adalah mesin pengolah pupuk kompos sehingga petani mampu memproduksi sarana produksi secara mandiri dan mampu menggunakan alat teknologi tinggi.

Proses penggilingan dan pengemasan beras dapat dilakukan menggunakan unit proses terintegrasi untuk menjaga beras tetap dalam kualitas yang baik dan dapat bersaing di pasaran. Pengemasan produk beras menggunakan sistem vaccum yang dapat menjaga kualitas beras dalam waktu yang lama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya lokal sebagai satu daerah penghasil beras terbesar di Jawa Tengah dan ini sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond. TAM berharap kehadiran program ini dapat membantu petani untuk memperoleh dan menikmati hasil pertanian yang melebihi harapan mereka, secara ekonomi, lingkungan dan sosial setara berkelanjutan,” tuturnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam program pemerintah dalam pelestarian lingkungan serta menciptakan sistem pertanian yang ecofriendly dimana masalah penurunan kesuburan tanah dan polusi air akibat penggunaan bahan kimia pada sistem pertanian konvensional.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer