BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Peduli Lingkungan, Kodim 0716 Demak Tanam Pohon Mangrove
Peduli Lingkungan, Kodim 0716 Demak Tanam Pohon Mangrove

Peduli Lingkungan, Kodim 0716 Demak Tanam Pohon Mangrove

Data The World Atlas of Mangroves tahun 2010 menyebutkan Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove seluas 3 juta hektar atau 20 persen dari total luas kawasan hutan mangrove dunia yang mencapai sekitar 15 juta hektar.

Hutan mangrove bermanfaat besar bagi penduduk Indonesia yang 40-50 persen dari mereka tinggal di daerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan. Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai.

Maka dari itu menjelang peringatan HUT Ke-70 TNI dan HUT Kodam Diponegoro, yang akan dirayakan pada Senin 5 Oktober 2015 mendatang, Kodim 0716/Demak menggelar bebagai kegiatan. Dimulai dari pelaksanaan bakti sosial pencanangan penanaman pohon mangrove di Dukuh Wonorejo Pasir Kelurahan Timbul  Sloko kec.Sayung Kab.Demak, (26/9/).

Kegiatan penanaman bakau atau mangrove ini dilakukan guna mengantisipasi abrasi dan rob yang masih terus terjadi di wilayah Pantai Utara Kota Demak. Acara ini juga dihadiri Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P,Penjabat Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Demak Ir.Hari Adi Soesilo M.Si,Ketua FKPPI kab.Demak Haryanto, Kapolres yang diwakili Kapolsek Sayung dan sejumlah pejabat lainnya.

Menurut Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P, Kegiatan penanaman pohon mangrove ini hanyalah satu kegiatan dari rangkaian peringatan HUT Ke-70 TNI dan HUT Kodam Diponegoro ke-65.

“Nantinya kami juga akan menggelar kegiatan Ziarah ke TMP, anjangsana ke para purnawirawan, pengobatan massal,pasar murah dan sepeda santai,” ujarnya.

Nanang menambahkan, aktivitas  pemberdayaan masyarakat juga akan mencakup kegiatan konservasi di areal hutan mangrove, sehingga selain bisa menjadi dukungan sosial budaya, juga menjadi penunjang keanekaragaman hayati.

“Tugas yang diemban WWF-Indonesia untuk reforestasi baik di perairan atau di terestrial tidaklah sedikit. Dukungan TNI Khususnya Kodam IV/Diponegoro diulang tahunnya ke-70 maupun selama 5 tahun terakhir  menunjukkan keberlanjutan upaya konservasi yang dilakukan oleh korporasi melalui WWF-Indonesia.

Kami berharap berharap, bukan hanya Kodim 0716 Demak tetapi korporasi lainnya  dan publik melalui Kodim atau kanal komunikasi lainnya juga bisa menjadi bagian dari upaya konservasi,” kata Nanang

Pada acara tersebut Kodim melibatkan personel Kodim 0716/Demak, Polres Demak, FKPPI kab.Demak, Dinas Kelautan dan Perikanan kab.Demak,Dinas Badan Lingkungan Hidup/BLH, ibu Persit KCK Cab.XXXVII,pelajar SMA dan masyarakat sekitar 500 orang.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer