BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Pejabat Personel dan Intelijen Berperan Penting dalam Penyelesaian Masalah Hukum
Pejabat Personel dan Intelijen Berperan Penting dalam Penyelesaian Masalah Hukum

Pejabat Personel dan Intelijen Berperan Penting dalam Penyelesaian Masalah Hukum

Para pejabat personel dan intelejen memiliki peran penting dalam aplikasi hukum sebagai fungsi komando yang dilaksanakan oleh Komandan atau pimpinan satuan guna mencapai percepatan dan kebenaran penyelesaian permasalahan hukum dan kebenaran terhadap produk hukum administrasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono dalam amanat pembukaan Mobile Monitoring Team (MTT) Penataran Hukum yang diselenggarakan di Balai Diponegoro, Makodam IV/Diponegoro (14/4). Acara diikuti oleh Komandan Satuan, pejabat personel dan pejabat intelijen.

Selain itu, hukum sebagai fungsi komando juga merupakan tugas dan tanggungjawab setiap komandan atau pimpin satuan untuk melakukan pembinaan dan penegakkan hukum agar satuan siap operasional. Dalam rangka pembinaan dan penegakkan, para komandan diberikan kewenangan Undang-undang untuk menjatuhkan hukuman disiplin, hukumanb administrasi dan melakukan penyidikan terhadap setiap prajurit yang melakukan pelanggaran di bawah kewenangan komando.

“Para pejabat yang terkait dengan bidang hukum di satuan masing-masing mampu mengaplikasikan hukum sebagai fungsi komando dengan baik dan bertanggung jawab”, jelas Pangdam IV/Diponegoro.

Sementara itu, Kakumdam IV/Diponegoro Kolonel Chk (K) Sri Widyastuti menjelaskan bahwa penataran atau pemberian materi hukum dan penegakkannya di lingkungan TNI AD dilakukan secar berkala dan terpadu. Penyelenggaraan MTT ini diikuti oleh para atasan yang berhak menghukum (Ankum) dengan  harapan akan tercapai kesamaan visi dan persepsi sesuai dengan harapan Pangdam IV/Diponegoro  untuk menghindari kesalahan prosedur penanganan terhadap prajurit yang menjalani proses hukum.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer