BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pelatihan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana Dihari Ke-2 Kab. Wonogiri
Pelatihan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana Dihari Ke-2 Kab. Wonogiri

Pelatihan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana Dihari Ke-2 Kab. Wonogiri

WONOGIRI, Selama dua hari bertempat di Rumah Makan “Sayem” lantai 2 Ngadirojo  Wonogiri telah berlangsung Pelatihan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana Kabupaten Wonogiri, yang di selenggarakan oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri pada hari ke-1 Rabu 10 Juni 2015  dengan peserta diikuti 80 orang berasal dari ( Ngadirojo, Nguntoronadi, Sidoharjo, Girimarto, Purwantoro, Jatipurno, Jatiroto, Jatisrono, Kismantoro, Bulukerto, Slogohimo dan Puhpelem ), untuk hari ke-2 Kamis 11 Juni 2015 memasuki hari ke-2 diikuti 80 orang berasal dari ( Wonogiri, Baturetno, Batuwarno, Tirtomoyo, Giriwoyo, Giritontro, Wuryantoro, Manyaran, Eromoko, Pracimantoro dan Paranggupito ), peserta berasal  dari perwakilan desa/kelurahan se Kabupaten Wonogiri.

Dalam pelatihan melibatkan nara sumber berasal dari : Kodim 0728/Wonogiri, Polres Wonogiri, PMI Wonogiri dan BPBD Kab. Wonogiri, untuk hari ke-1 Kodim 0728/Wonogiri melalui Kepala Staf Kodim 0728/Wonogiri Mayor Inf Setyadi Kuncoro Dewo dan pada hari ke-2 materi dari Kodim 0728/Wonogiri disamaikan Pasier Kapten Inf Tono dengan materi “Bantuan TNI AD kepada Pemerintah dalam rangka Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi”, tugas TNI ada 2 yaitu OPMP dalam mempertahankan NKRI dan ONSP seperti kegiatan dalam Bencal, TMMD, KB Kes, PBA dan Ketahanan Pangan.

Pada kesempatan itu juga Kepala BPBD Kab. Wonogiri Drs. Bambang Haryanto, M.M. saat dijumpai memberikan keterangan bahwa Pelatihan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana Kabupaten Wonogiri tahun 2015 selama 2 hari diikuti 160 relawan yang berasal dari semua wilayah Desa/Kelurahan se Kabupaten Wonogiri, yang didukung nara sumber/pelatih dari : Kodim 0728/Wonogiri, Polres, PMI dan BPBD Kab. Wonogiri. Maksud diadakan pelatihan ini sebagai pedoman yang sangat strategis bagi relawan, karena relawan harus memiliki sifat kemanusiaan dan perilaku (menolong, membantu , menderma, hati yang Iklas dan tulus), karena Bencana adalah tangungjawab bersama. untuk itu dibutuhkan kerjasama yang baik. Tujuan meningkatkan pengawasan juga lebih antisipasi dalam penanganan bencana, karena bencana apapun ada di Wonogiri dihadapkan geografi dan typologi wilayah yang sangat rawan terhadap bencana. Tandas kepala BPBD Bambang Haryanto.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer