BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik bagi Babinsa
Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik bagi Babinsa

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik bagi Babinsa

Untuk mensukseskan program swasembada  pangan di wilayah berbagai upaya telah ditempuh oleh Kodim 0725/Sragen beserta jajarannya, mulai dari irigasi pembibitan dan mengenai pupuk telah diupayakan. Salah satu upaya yang lain yakni Babinsa diikutsertakan dalam pelatihan pembuatan pupuk organic. Seperti yang dilaksanakan oleh Serma Ketut kariana dan  Peltu Suwanto yang merupakan babinsa Koramil 08/Sambirejo Dim 0725/Sragen. Mereka  mengikuti  pelatihan pembuatan pupuk organic dan pestisida nabati bertempat di rumah Bapak Karno Ketua kelompok tani “Suka Makmur” Dk gempol Rt 07 Ds Jambeyan kec Sambirejo pada tanggal 24/03/2015. Dalam kegiatan tersebut pemberi materi adalah Ir Budiharjo dan Ir Parwoto  dari Bapeluh Pertanian Kab. Sragen.

Ir Budiharjo dari Bapelluh kab. Sragen menjelaskan manfaat dari pupuk organic cair antara lain yaitu meningkatkan kesuburan tanaman, meningkatkan kualitas kandungan hara dalam tanh, sehingga tanah menjadi lebih gembur. Menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Mengurangi polusi dan dampak sampah di lingkungan. Hasil panen lebih sehat untuk dikonsumsi dan lebih tahan lama. Mengingat pentingnya peran pupuk organiktersebut bagi peningkatan produktivitas hasil panen diharapkan para petani segera menerapkan system tersebut.

Bapelluhjuga melatihkan tatacara pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik. Sedangkan untuk pembuatan pestisida nabati Ir Parwoto menerangkan bahan-bahan yang harus disiapkan adalah daun limbo, daun brotowali, buah gadung, buah mojo, sambiloto, daun sirsak batang sere serta tetes tebu. Kesemua bahan tersebut dicacah sampai rata kemudian dimasukkan tong dan ditutup secara rapat-rapat, tunggu sampai 15 hari untuk bahan tersebut siap digunakan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer