BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik
Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Sragen, Senin. 04-05-2015 Babinsa ds. Sukorejo Koramil 08/Sambirejo an. Serma I ketut Kariana dan anggota kelompok tani Margo Rukun 2  ds. Sukorejo, kec. Sambirejo Melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik di rumah Bp. Suyono,yang merupakan Ketua kelompok tani Margo Rukun 2, alamat di dkh. karang jati Rt.04, ds. Sukorejo.

Pelatihan tersebut diharapkan petani tidak ada ketergantungan kepada pupuk kimia, disamping itu diwilayah sambirejo merupakan tempat penghasil padi organik.
Selain pelatihan pembuatan pupuk organik juga dilaksanakan pelatihan pembuatan peptisida nabati.

Adapun bahan-bahan yang digunakan  sebagai pestisida nabati berupa empon-empon, antara lain: jahe, kunir, kencur, sereh, laos,temu ireng dengan ditambahkan air kelapa, air leri, tetes tebu serta ciu. Kemudian utk pembuatan pupuk organik menggunakan bahan seperti : rebung, dangkel pisang, gembili,gandum ditambahkan dengan air kelapa, air leri, tetes tebu dan ciu dengan takaran menyesuaikan banyaknya campuran atau adonan yg akan dibuat. Adapun cara pembuatanya antara pupuk organik dengan pestisida nabati hampir sama dengan cara seluruh bahan dihaluskan atau ditumbuk kemudian dicampur dengan cairan air kelapa, air leri dan ciu lalu dimasukan dalam drum/ember dan ditunggu sekitar 15 hari dan siap digunakan. Untuk bahan-bahan yang digunakan tersebut merupakan bahan yang mudah didapatkan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer