BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pembinaan Calon Anggota TNI
Pembinaan Calon Anggota TNI

Pembinaan Calon Anggota TNI

Tentara Nasional Indonesia atau biasa disingkat TNI adalah nama sebuah angkatan perang dari negera Indonesia. Prajurit TNI AD direkrut dari masyarakat umum dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD. Untuk memperoleh prajurit baru yang berkualitas serta mampu memenuhi tuntutan tugas, maka penyediaan prajurit dilaksanakan melalui penerimaan dan pengerahan dengan kegiatan-kegiatan pengujian atau penyaringan berdasarkan persyaratan yang ditentukan.

Untuk masuk menjadi anggota TNI memerlukan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi.  Persyaratan tersebut banyak calon yang tidak mengetahui.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kodim 0707 Wonosobo dalam melaksanakan pembinaan penerimaan Anggota TNI.  Adapun kegiatan didahului sosialisasi ke tiap SMA dan SMK se kabupaten Wonosobo.   Dari sosialisasi tersebut di data  anak – anak yang minat dan memenuhi syarat yang selanjutnya dikumpulkan untuk diadakan pembinaan tahap selanjutnya.  Sehingga diharapkan setelah diadakan pembinaan untuk kabupaten Wonosobo banyak yang masuk menjadi anggota TNI baik angkatan darat, laut maupun udara dengan tingkatan dari Tamtama, Bintara maupun Perwira.

Kebanyakan mereka yang gagal masuk TNI karena tidak tahu persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi. Maka langkah yang dilakukan adalah mendata, mereka diberi pengetahuan sekitar persyaratan yang harus dipenuhi, diadakan pengecekan awal meliputi tinggi, berat badan dan kesehatan serta pengenalan test phikologi.  Tahap berikutnya adalah pengecekan tingkat kemampuan fisik seperti lari lapangan sejauh 2.500 Meter dalam waktu 12 menit, pull up, push up, sit up dalam waktu 1 menit sebanyak mungkin dan shulte run (lari angka 8 sejauh 10 meter ) dan renang sejauh 50 meter.

Pada selanjutnya adalah pengecekan kesehatan yang meliputi mata, telinga, gigi, kaki, jantung, mempunyai riwayat penyakit berat tidak dan yang terakhir adalah postur tubuh.  Disamping itu para peserta mempunyai keahlian khusus tidak diberbagai bidang baik ilmu pengetahuan maupun olah raga.  Jika kesemunya sudah didata dengan akurat maka akan kelihatan titik- titik kelemahan dan kekurangan sehingga jika nantinya ada pendaftaran dapat diperbaiki.

Kasipers Kodim Wonosobo kapten Inf Subiyo dalam sambutan pengarahannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan bagi calon anggota TNI ini adalah membantu para anak – anak wonosobo agar tiap tahunnya ada yang masuk menjadi anggota TNI dan jumlahnya meningkat karena saat ini bila dibandingkan dengan daerah lain untuk wonosobo menduduki rangking bawah dalam jumlah yang diterima.  Perlu diketahui bahwa pembinaan ini tujuannya adalah membantu penyiapan dalam baik fisik maupun pengetahuan sehingga bila mereka nanti mendaftar dan ikut test maka mereka sudah mempunyai bekal.

Rekomendasi tujuannya untuk memudahkan mereka bisa masuk anggota TNI.  Yang tidak kalah penting adalah para peserta harus memiliki kemampuan yang sebaik mungkin sehingga bisa masuk anggota TNI cukup sekali ikut test.  Untuk tahun 2015 test penerimaan anggota TNI adalah bulan februari untuk penerimaan Taruna Akmil, bulan Maret Minggu I dan II untuk pendaftaran Tamtama Gelombang I,  Bulan agustus minggu I dan II untuk pendaftaran calon Bintara, bulan September untuk pendaftaran Perwira  dan untuk bulan September minggu IV dan Oktober Minggu I untuk pendaftaran Tamtama gelombang II.  Informas lebih lanjut silahkan datang di Kodim 0707/Wonosobo atau lihat di internet.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer