BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / PEMBUKAAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II TAHUN 2016 DI WILAYAH KODIM 0734/YOGYAKARTA RESMI DIBUKA OLEH WALIKOTA YOGYAKARTA.
PEMBUKAAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II TAHUN 2016 DI WILAYAH KODIM 0734/YOGYAKARTA RESMI DIBUKA OLEH WALIKOTA YOGYAKARTA.

PEMBUKAAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP II TAHUN 2016 DI WILAYAH KODIM 0734/YOGYAKARTA RESMI DIBUKA OLEH WALIKOTA YOGYAKARTA.

Walikota Yogyakarta, Hariadi Suyiti secara resmi membuka Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Sengkuyung Tahap II Tahun 2016. Upacara pembukaan berlangsung di lapangan Minggiran, Kelurahan Minggiran Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Selasa (20/09).

Pelaksanaan TMMD kali ini mengambil tema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Bangsa, Kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.
Dalam amanat Walikota Yogyakarta mengatakan TMMD yang mengacu kesederharnaan, kebersamaan, koordinasi lintas sektoral dan dari berbagai instansi dan melibatkan komponen masyarakat metode tersebut telah berhasil membantu tugas Pemerintah Daerah dalam meningkatakan akselerasi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selanjutnya hendaknya bisa menjadi pedoman dan diharapkan mampu meningakatkan kesatuan dan diimplementasi keberadaanya.

Lebih lanjut sebagaimana kita ketahui, bahwa program TMMD telah berlangsung relative lama dengan tujuan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. TMMD ini adalah program lintas sektoranatara TNI, Polri, Lembaga Kementerian maupun Non Kementrian dan Pemerintah Daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masayarakat dan kesatuan bangsa dalam mengahdapi berbagai tantangan dan hambatan yang ada saat ini.

TMMD merupakan sejarah panjang Kemanunggalan TNI dan Masyarakat selama 37 Tahun. Sejauh ini keberhasilan TMMD tidak terlepas dari pendekatan yang dilakukan secara botton up bukan top down. Dan hal tersebut menjadi bukti pentingnya peran serta masyarakat dalam proses pembangunan. Dengan Mekanisme seprti itu, sasaran tempat pelaksanaan juga semakin jelas sehingga hasilnya pun semakin optimal.
Perlu kami sampaiakan pada pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2016 ini terdapat kegiatan Fisik dan Non Fisik. Kegiatan Fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masayarakat., sehingga diharapkan mampu meningkatkan rodo perekonomian masayarakat Kota Yogyakarta, yang meliputi Pembangunan Talud Kali Winongo 33 Meter di kelurahan Gedong Kiwo, Rehabilitasi Rumah Warga 5 Unit, Pembangunan MCK Umum 1 Unit dan Rehabilitasi Balai RW 1 Unit.

Selain itu untuk program Non Fisik dimaksudkan untuk mengugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan serta semangat nasionalisme. Progam Non Fisik yang meliputi kegiatan Belanegara dan Wawasan Kebangasaan oleh Kodim 0734/Yogyakarta. Sosialisasi pencegahan fanatisme sempit Oleh Kementrian Agama, Pelibatan masyarakat dalam pencegahan Terorisme/Paham radikalisme oleh Polresta Kota Yogyakarta. Seta sosialisasi dan Pemahaman Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) oleh KPMP Kota Yogyakarta.
Sedangakan terkait untuk anggaran pelaksanaan TMMD kali ini Pemerintah Kota Yogyakarta menganggarkan dari APBD Kota Yogyakarta sebesar Rp. 296.030.000 dan APBD Propensi DIY sebesar Rp 75.000.000, Jumlah Total keseluruhan Rp. 371.030.000, yang tersebar dibeberapa SKPD/Dinas/Unit kerja.

Menurut Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf. H.M Gurning S.I.P, anggaran TMMD kali ini meningkat jika dibandingakan tahun lalu. “ Anggaran tahun ini meningkat karena sasaran juga meningkat dibandingkan tahun lalu.”

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer