BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pemeliharaan Monumen Juang Sebagai Sarana Mempertahankan Semangat Nasionalisme
Pemeliharaan Monumen Juang Sebagai Sarana Mempertahankan Semangat Nasionalisme

Pemeliharaan Monumen Juang Sebagai Sarana Mempertahankan Semangat Nasionalisme

Kota Surakarta , menyimpan segudang kenangan dalam perjalanan perjuangan bangsa. Salah satu tempat bersejarah di Surakarta adalah Monumen Juang yang ter|etak di kec. serengan. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan pemuda dan pemudi dalam mempertahankan kemerdekaan melawan Belanda . Sebagai bukti mereka kala itu dengan Semangat Berani Mati mempertahankan kemerdekaan negara yang baru beberapa pekan di Proklamasi di Jakarta.

Dalam rangka menjaga dan memelihara serta untuk menumbuhkan semangat juang pada muda mudi saat ini maka pada hari kamis tgl 26 januari 2017 Danramil 03/serengan Kodim 0735/Surakarta Kapten Inf Subardi serta Babinsa Serda Warno dan Kopda Catur Handoko bekerja sama dengan DKP Surakarta membersihkan dan mengecat kembali Monumen Juang Serengan untuk mempercantik dan memperindah monumen tersebut. monumen ini di resmikan pada 4 nopember 1974 oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen Jasir Habroto.

Bangunan bersejarah yang unik dan masih kokoh inilah, barangkali merupakan salah satu saksi bisu gugurnya pemuda dan pejuang Surakarta putra terbaik bangsa kala itu. Keberanian para pejuang Surakarta dan kebengisan tentara penjajah kala itu, sebagian tergambar dalam diorama yang diukir di bagian bawah Monumen juang. Sebagai sarana pendukung, untuk mengingat terjadinya Pertempuran di Surakarta.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer