BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Penandatanganan Surat Kesepakatan Bersama Pembagian Air Daerah Irigasi (DI) Saluran Kanan Sumber Ponggok
Penandatanganan Surat Kesepakatan Bersama Pembagian Air Daerah Irigasi (DI) Saluran Kanan Sumber Ponggok

Penandatanganan Surat Kesepakatan Bersama Pembagian Air Daerah Irigasi (DI) Saluran Kanan Sumber Ponggok

Bertempat di Aula Koramil 14/Karanganom Kodim 0723/Klaten telah diadakan penandatanganan surat kesepakatan bersama pembagian air daerah irigasi saluran kanan sumber Ponggok, Selasa (1/11). Menindaklanjuti surat kesepakatan bersama pembagian air daerah irigasi sumber Ponggok pada tangal 6 oktober 2016. Dimana dalam pembagian tersebut untuk wilayah kiri yang meliputi kecamatan Polanharjo mendapat 1/3 bagian. Yang digunakan untuk mengairi sawah seluas 272 Ha, dan untuk wilayah kanan yang meliputi kecamatan Karanganom mendapatkan 2/3 bagian yang dimanfaatkan untuk mengairi sawah seluas 637 Ha.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu jagat S.I.P, Staf Dispertan kab Klaten bapak Pujo Sari mewakili Ka Distan kabK laten,Ka Dinas PU & SDA diwakili bapak Darwito Staf OP SDA, Muspika kec.Karanganom, Ka UPTD PU & ESDM wilayah III/Jatinom bapak Budi Sulistiyanto ST, Seluruh Kades dan Lurah kec.Karanganom. dan menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain Pembagian air menggunakan sistem buka tutup 4 hari untuk aliran ketimur ke desa Blanceran, Kunden, Troso, Tarubasan, Beku dan Karangan, dan 3 hari ke selatan ke desa Karanganom, Jungkare dan Kadirejo. Memelihara sarana dan prasarana jaringan irigasi serta pengelolaan saluran Ponggok kanan,Menggunakan cara musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan saluran irigasi Ponggok kanan,Pembagian air irigasi dimulai sejak tanggal 1 Nopember 2016 pukul 06.00 WIB.

Camat Karanganom, SamodroS.Sos mengatakan atas nama pemerintah kecamatan dan seluruh masyarakat kecKaranganom mengucapakan terimakasih kepada Dandim Klaten beserta jajarannya yang telah melakukan kegiatan normalisasi irigasi dan menertibkan pembagian air umbul Ponggok dengan baik dan aman sehingga masyarakat sekarang mulai sadar bagaimana kegunaan air untuk kehidupan, pertanian dan perikanan.

Menurutnya setelah saluran irigasi umbul Ponggok dinormalisasi dampaknya sangat luar biasa, perlu diketahui bahwa disamping airnya lancar, ikan tawar sekarang banyak sehingga setiap malam di pinggir jalan Karanganom ini banyak orang mancing, jalan yang dulunya sepi sekarang menjadi ramai.secara otomatis wilayah kec.Karanganom malam hari menjadi aman.

Sementara Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat S.I.P mengungkapkan bahwa alasan pembagian air ini harus diatur dengan adil, jelas, disepakati dan dijaga bersama, karena air ini sangat vital untuk kehidupan manusia dengan kegunaan untuk keperluan manusia sehari-hari, pertanian, perikanan dll, sehingga apabila irigasi lancer diharapkan untuk pertanian dapat menigkatkan produktivitas hasil pertanian sehingga muaranya program swasembada pangan nasional dapat terwujud dan Negara kita akan kembali menjadi negara yang kuat tentang ketahanan pangan dan tidak akan impor beras lagi.

Dandim Bayu Jagat berharap kepada para pejabat Muspika untuk selalu mengingatkan kepada warganya untuk senantiasa menjaga saluran irigasi ini agar tetap bersih dan jangan membuang sampah sembarangan (disungai) sehingga budaya hidup bersih kita tanamkan mulai sekarang termasuk kepada anak-anak kita sebagai generasi yang diharapkan akan paham bahwa budaya hidup bersih sangat baik untuk kehidupan sehari-hari.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer