BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pendampingan Penyiangan Rumput pada Tanaman Padi
Pendampingan Penyiangan Rumput pada Tanaman Padi

Pendampingan Penyiangan Rumput pada Tanaman Padi

Penyiangan adalah istilah umum di indonesia dalam kegiatan pertanian, yaitu kegiatan mencabut gulma yang berada diantara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah. Penyiangan dilakukan sebanyak 3 kali atau lebih, sesuai kondisi sawah. Semakin sering dilakukan penyiangan akan dapat meningkatkan produksi.

Dengan penyiangan aerasi menjadi lebih baik untuk mendorong perkembangan akar tanaman yang maksimal sehingga diperoleh tanaman dengan perakaran yang kokoh dan pertumbuhan yang optimal dan tentunya tanaman akan lebih sehat dan menjadi tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Babinsa Koramil 04/Jaten Sertu Akad  melakukan pendampingan penyiangan rumput pada wilayah binaannya Desa Jaten pada tanaman padi di usia 25 hari. Kegiatan ini berlangsung di lahan milik bapak Maryanto yang terletak di Dusun Sawahan Desa Jaten Kecamatan Jaten-Karanganyar dengan luas lahan 2.400 M2.

Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat penyiang jenis landak atau rotary weeder. Sertu akad  berharap dengan kegiatan pendampingan ini selain untuk membasmi gulma, namun juga tanah menjadi gembur sehingga aerasi menjadi lebih baik dan sekaligus gulma yang ada juga ikut bersih dengan penyiangan atau pendangiran ini. Sehingga menghasilkan padi yang berkualitas serta pencapaian peningkatan hasil produksi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer