BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pendampingan Pertanian, Peran Babinsa Koramil 15/Klirong
Pendampingan Pertanian, Peran Babinsa Koramil 15/Klirong

Pendampingan Pertanian, Peran Babinsa Koramil 15/Klirong

KODIM 0709/KEBUMEN – Babinsa Koramil 15/Klirong Koptu Eko Priyono melaksanakan pendampingan pertanian sebagai upaya khusus terhadap kelompok tani Sumber RejekiDesa Wotbuwono Kec. Klirong, Kebumen, Senin (11/01/16).

UPSUS Peningkatan Produksi Padi.

Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok dan sangat penting sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan. Pengawalan dan pendampingan menjadi unsur penting dalam menggerakkan para petani untuk dapat menyiapkan teknologi. Penyuluh dan Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama). Penyuluh dan Babinsa dapat berperan sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) peningkatan produksi padi dalam pencapaian swasembada berkelanjutan.

Adapun strategi yang akan ditempuh antara yakni, menggerakkan BP3K sebagai Pos Simpul Koordinasi Pengawalan dan Pendampingan UPSUS Peningkatan Produksi salah satunya padi. Diharapkan sinergitas pengawalan dan pendampingan di lapangan dapat dilakukan antar kelembagaan penyuluhan, baik secara vertikal, horizontal, maupun lintas sektoral melalui kegiatan Koordinasi pelaksanaan kegiatan UPSUS di tingkat kecamatan, Peningkatan kapasitas penyuluh PNS dan THL-TBPP melalui pelaksanaan Latihan dan Kunjungan (LAKU) dan Pengembangan metode penyuluhan melalui pelaksanaan demfarm.

Selanjutnya strategi lain yakni melaksanakan Diklat Teknis dan Metodologi Penyuluhan bagi Penyuluh Pertanian dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Salah satu hal yang dilakukan Babinsa Koptu Eko, melaksanakan penyiangan tanaman padi yangmulai banyak ditumbuhi rumput, hal ini guna menjaga kesehatan tanaman dari rumput pengganggu tanaman, apabila hal ini lambat dilakukan akibatnya tanaman akan menjadi kurus dan kurang asupan nutrisi.

Disisi lain jika tidak segera dilakukan penyiangan tanaman, padi akankurang subur karena sari-sari makanan yang seharusnya untuk tanaman padi direbut oleh rumput, bukannya tanaman padi yang subur malah sebaliknya rumput yang subur. Selain penyiangan yang berkala,pemupukannya juga harus berimbang karena akan berpengaruh terhadap hasil produksi padi nantinya. Dengan demikian bahwa perawatan tanaman padi memang harus dengan seksama teliti dan cermat sehingga panen padipun akan memperoleh hasil yang baik dan maksimal.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer