BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pendidikan Karakter Harus Dimulai Sejak Dini
Pendidikan Karakter Harus Dimulai Sejak Dini

Pendidikan Karakter Harus Dimulai Sejak Dini

Untuk menjadikan negara yang kuat dan tangguh dibutuhkan masyarakat yang berkarakter kuat. Dalam rangka menciptakan karakter tersebut harus dimulai sedini mungkin karena keberhasilan pendidikan adalah disaat masih usia muda. Untuk itu dalam upaya menciptakan generasi muda yang berkarakter Kodim memberikan materi pendidikan karakter bagi anak-anak sekolah. Seperti yang dilaksanakan di SMK 1 Wonosobo oleh Pasi Ops Kapten Inf Sutiyo.

Pendidikan karakter itu sangat penting bagi generasi muda. Generasi muda merupakan calon penerus bangsa di kemudian hari. Sedangkan saat ini di jaman era globalisasi semua infomasi masuk dengan begitu mudahnya. Dari informasi tersebut bisa membuat kita menjadi baik jika infomasi itu pas dengan kondisi kita akan tetapi jika informasi itu tidak baik maka akan membuat kehancuran. Fakta yang sebenarnya di lapangan banyak informasi yang masuk tidak pas untuk generasi muda. Mereka belum bisa berfikir secara dewasa untuk memilih dan memilah setiap infomasi yang ada.

Pengaruh dari luar bisa masuk setiap saat. Untuk itu pendidikan karakter harus sering diberikan sebagai pengingat akan pentingnya pendidikan karakter tersebut. Apabila karakter ini sampai hilang bisa berbahaya bagi orang tersebut. 

Karakter yang baik, seperti (1) Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; (2) Tanggung jawab, Disiplin dan Mandiri; (3) Jujur/amanah dan Arif; (4) Hormat dan Santun; (5) Dermawan, Suka menolong, dan Gotong-royong; (6) Percaya diri, Kreatif dan Pekerja keras; (7) Kepemimpinan dan adil; (8) Baik dan rendah hati; (9) Toleran, cinta damai dan kesatuan. Bila itu semua bisa melekat pada generasi muda dan rakyat Indonesia maka tidak akan ada korupsi.

Bagi generasi muda dituntut untuk berbuat yang terbaik dalam rangka mengabdi kepada bangsa dan negara yaitu melalui belajar yang tekun. Kuasai ilmu yang diberikan oleh guru, hindari pergaulan bebas. Itu sudah cukup untuk para pelajar. Demikian penekanan Kapten Inf Sutiyo mengakhiri ceramahnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer