BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pengamanan Kirab Pusaka Istana Mangkunegaran Kota Surakarta
Pengamanan Kirab Pusaka Istana Mangkunegaran Kota Surakarta

Pengamanan Kirab Pusaka Istana Mangkunegaran Kota Surakarta

Sejumlah personel Kodim 0735/Surakarta pada Selasa (13/10) malam melaksanakan pengamanan Kirab Pusaka dalam rangka menyambut malam 1 Suro di Istana Mangkunegaran Kota Surakarta.

Kirab Pusaka tersebut dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Gusti Pondra Karna sebagai Cucuk Lampah dan dilepas oleh Penguasa Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunagara IX yang diikuti oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Drs. Ahmad Lutfi, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Chrisbianto Arimurti dan Abdi Dalem yang berjumlah lebih kurang 500 orang.

Pelaksanaan kirab dilakukan dengan mengarak Pusaka-pusaka yang dimiliki oleh Istana Mangkunegaran yang merupakan pusaka warisan leluhur mengelilingi benteng luar Istana Mangkunegaran dengan jarak lebuh kurang 1,2 km dengan suasana yang sangat sakral dimana peserta Kirab melaksanakan Tapa Bisu (Tidak Berbicara) selama pelaksanaan Kirab yang menjadikan suasana hening dan hikmad.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer