BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / PENGAMATAN DAN PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN JAGUNG BABINSA BANJARSARI KORAMIL 05/CANDIROTO
PENGAMATAN DAN PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN JAGUNG BABINSA BANJARSARI KORAMIL 05/CANDIROTO

PENGAMATAN DAN PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN JAGUNG BABINSA BANJARSARI KORAMIL 05/CANDIROTO

Bejen – Ternyata bukan hanya tubuh manusia saja yang butuh perawatan, tumbuhanpun perlu di observasi, kemudian apabila sudah menemukan penyakitnya baru di carikan pengobatan yang tepat, demikian pola dari pengamatan organisme pengganggu tanaman jagung ketika mengamati tanaman jagung di Desa Jlegong, Kec. Bejen, Kab. Temanggung oleh Sdr. Kosim Putranto petugas PPL didampingi oleh Serda Zainal Idris Babinsa Banjarsari, ternyata tanaman jagung milik kelompok tani “Sumber Rahayu” Ds. Banjarsari, Kec. Bejen, Kab. Temanggung terjangkit hama penggerek daun (ostrina furnacalis guen), Selasa, (07/3).

Penyebabnya ketika menanam benih jagung, cuaca dan suhu mendukung pertumbuhan hama penggerek batang jagung, dengan cirik fisik pada tanaman jagung adanya lobang lobang kecil di batang dan daun jagung, secara tehnis bisa diatasi dengan waktu tanam yang tepat, menanam dengan sistem tumpangsari dengan tanaman kedelai atau kacang panjang, juga dengan cara pemotongan sebagian bunga jagung jantan 4 dari 6 baris tanaman tersebut, penjelasan sdr. Kosim Putranto PPL Bakorluh Kec. Bejen Kab. Temanggung.

Untuk pengendalian secara kimiawi harus menggunakan obat insektisida yang tepat guna menekan perkembangan larva di dalam batang jagung, untuk urusan penyemprotan hama tersebut kami personil dari Koramil 05/Candiroto siap membantu dalam pelaksanaannya, karena dalamkami dalam percepatan Upsus Swasembada Pangan termasuk membasmi hama tanaman, tandas Serda Zainal Idris.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer