BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pengendalian Hama Wereng, Danramil Randublatung Turun Sawah
Pengendalian Hama Wereng, Danramil Randublatung Turun Sawah

Pengendalian Hama Wereng, Danramil Randublatung Turun Sawah

BLORA,- Serangan hama wereng pada tanaman padi akhir-akhir ini semakin meningkat. Di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora yakni, Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan para petani sudah merasa serah dan terancam rugi karena hama wereng.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak merambah di wilayah Kecamatan Randublatung, kini Koramil 09/Randublatung yang dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Jumanto bersama Camat Randublatung Hendi Purnomo, KUPTD Pertanian Randublatung Suranto, Kades Kutukan Juwadi, para Babinsa dan Poktan P3A Darmaterta Desa Kutukan Kecamatan Randublatung melaksanakan kegiatan Pengendalian hama Wereng dengan penyemprotan dilahan milik Suhodo Ketua P3A Darmaterta Desa Kutukan.

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu (11/01/2017) turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana mengatakan, jajaran TNI akan berupaya semaksimal mungkin membantu dan mendukung petani dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

“Jika petani menemui berbagai kendala di lapangan terkait tanaman padinya, dapat segera melaporkan kepada Babinsa atau PPL setempat untuk segera ditindaklanjuti langkah pengendalian untuk mengatasi kendala tersebut,” tuturnya.

Camat Randublatung Hendi Purnomo menyatakan penyemprotan sawah yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari usaha Koramil 09/Randublatung bersama instansi terkait untuk mensukseskan program ketahanan pangan, karena dengan penyemprotan akan membasmi hama-hama tanaman padi khususnya wereng yang saat ini meresahkan petani. Diharapkan produksi pertanian akan meningkat dan tujuan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Randublatung dapat tercapai.

Ketua Kelompok Tani Kutukan Suhodo, mengapresiasi adanya tentara yang ikut mengawal dan turun ke sawah membantu pengendalian hama wereng. Pihaknya berharap penyemprotan massal bersama PPL dan TNI mampu mencegah serangan berat hama wereng. “Kami berharap hasil panen nanti akan maksimal, sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dapat terwujud,” ujarnya.

Bukan hanya itu lanjutnya, adanya kerjasama yang baik antara petani, PPL dan Babinsa diharapkan mampu mamacu semangat petani membudidayakan tanaman padi secara baik. petani berterima kasih atas kepedulian dan semangat prajutit TNI yang ikut membantu memproteksi pertanaman padi dari segala macam serangan hama dan penyakit.

“Dan petani berterima kasih juga kepada Bapak Dandim Letkol Inf Susilo atas bantuan alat pertanian, bantuan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi para petani”. Ungkapnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer