BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Peningkatan Kemampuan Babinsa Mendukung Swasembada Pangan
Peningkatan Kemampuan Babinsa Mendukung Swasembada Pangan

Peningkatan Kemampuan Babinsa Mendukung Swasembada Pangan

Magelang. Komando Distrik Militer 0705/Magelang menyelenggarakan pelatihan dan penataran peingkatan kemampuan babinsa dalam mendukung swasembada pangan nasional. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang selama tiga hari (11 s.d 13 Mei 2015). Kegiatan ini dalam rangka  membantu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta menjamin ketersediaan logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan Negara.

Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah  ”PENINGKATAN KEMAMPUAN BABINSA DALAM BENTUK PELATIHAN PERTANIAN, MENDUKUNG TERWUJUDNYA SWASEMBADA PANGAN NASIONAL”. Dengan tema itu diharapkan para babinsa menguasai materi pertanian sehingga nantinya mampu mendampingi petani dalam kegiatan pertanian dengan baik, tepat dan benar.

Hal tersebut dilatar belakangi, kehidupan manusia tidak terlepas dari kebutuhan pangan, oleh karena itu diperlukan sistem pengelolaan pangan yang handal dan profesional dengan mempertimbangkan faktor-faktor peluang dan kendala dilihat dari berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial untuk mewujudkan pencapaian target yang diharapkan pemerintah guna meningkatnya kesejahteraan rakyat di bidang pangan.

Proses pencapaian target dalam menuju swasembada pangan memerlukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang memiliki Kompetensi integritas dalam konsistensi pencapaian target.    Hal ini mendorong pihak Kementan RI bekerjasama dengan TNI, dengan harapan keinginan Presiden dalam mewujudkan swasembada pangan Indonesia 2017 dapat tercapai.

Kepercayaan Kementan RI terhadap TNI perlu didukung oleh kemampuan TNI itu sendiri.Oleh karena itu disamping Kodim 0705/Magelang mengirim personel Babinsa mengikuti latihan pertanian secara terpusat yang diselenggarakan di Jawa Barat, Kodim 0705/Magelang juga menyelenggarakan peningkatan kemampuan Babinsa guna mendukung program swasembada pangan nasional.

Kegiatan yang melibatkan Dinas pertanian Kota dan Kabupaten Magelang ini dengan materi antara lain : kebijakan pencapaian swasembada Padi, Jagung berkelanjutan serta swasembada Kedelai, Kebijakan pengawalan dan pendampingan peningkatan produksi padi;Pengantar GAP dan GHP, Perakitan Teknologi dengan kajian kebutuhan peluang (KKP);Identifikasi potensi padi, Teknik fasilitasi dalam sinergi melaksanakan laku, Pendampingan petani dalam penyusunan RDK/RDKK, Penggalian data kalender tanam, Pengolahan lahan;Penyiapan benih, Penanaman,          Pemupukan, Penyiangan, Pengairan intermitten dan pemeliharaan jaringan irigasi tersier, Pengendalian OPT, Panen dan Pasca Panen, Lima Kemampuan Ter, dan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer