BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Penyuluhan dan Penelitian terhadap Tanaman Padi dengan Metodha Sri dan Jajar Legowo
Penyuluhan dan Penelitian terhadap Tanaman Padi dengan Metodha Sri dan Jajar Legowo

Penyuluhan dan Penelitian terhadap Tanaman Padi dengan Metodha Sri dan Jajar Legowo

Danramil 18/Girimarto Kodim 0728/Wonogiri Kapyen Inf Sulistyo beserta Babinsa Desa Jendi (Serda Sugito) bersama PPL Kecamatan Girimarto (Bpk.Yulianta) memberikan penyuluhan kepada Poktan Ngudi Makmur Ds. Jendi, Girimarto. Selesai penyuluhan dilanjutkan mengadakan penelitian terhadap perkembangan tanaman padi dengan metodha SRI dan Jajar legowo (metodha tanam dengan sedikit air, sedikit bibit dan jarak yang diatur antara 20 dan 30 cm) yang merupakan langkah ujicoba pada periode MT-2 ini pada Senin 20 April 2015. Metodha ini diterapkan utk memperoleh perbandingan baik mengenai provitas (hasil) maupun efisiensi bibit serta pengairannya. Penelitian yang dilakukan antara lain :

Pertama.  Pertumbuhan   Pertumbuhan batang, jumlah daun, jumlah anak secara periodik (dua minggu sekali) diukur dan dihitung. Kedua. Pengairan harus selalu di pantau sehingga tanaman tidak tergenang air jadi  (tanah tetap basah/becek). Ketiga. Tanggap terhadap hama yang muncul selama penanaman, segera laporkan untuk diperiksa dan penyemprotan.

Para petani dalam mengikuti cukup antusias dan patuh apa yang dianjurkan petugas PPL, karena ingin membuktikan hasil/provitas pada masa Panen mendatang. Danramil 18/Girimarto berpesan dan memberikan selamat kepada para petani Indonesia, beliau berharapIndonesia mampu mewujudkan Swasembada Pangan Nasional.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer