BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Penyuluhan Hukum Bagi Prajurit,PNS Serta Minvetcad IV-22 Kodim 0716/Demak
Penyuluhan Hukum Bagi Prajurit,PNS Serta Minvetcad IV-22 Kodim 0716/Demak

Penyuluhan Hukum Bagi Prajurit,PNS Serta Minvetcad IV-22 Kodim 0716/Demak

Staf Hukum dan Bintal Kodam IV/Diponegoro melaksanakan penyuluhan hukum dan Pembinaan mental bagi prajurit dan PNS jajaran Kodim 0716/Demak yang disampaikan oleh Mayor Chk Winarjo,S.H. sebagai Kepala Seksi Dukungan Hukum Kodam IV/Diponegoro yang didampingi oleh Kepala Staf Kodim 0716/Demak Mayor Arm Dede Sudrajat dihadiri oleh Kaminvetcad-22 Demak, para Pasi Kodim, Danramil dan Prajurit Kodim 0716/Dmk serta anggota PNS Kodim 0716/Demak bertempat di Aula Kodim 0716/Demak, Jum’at (26/02/16).

Maksud dari penyuluhan Hukum bagi prajurit dan PNS Kodim 0716/Demak ini adalah untuk memberikan gambaran bagi setiap prajurit dalam meningkatkan disiplin dengan tujuan sebagai bekal bagi prajurit dan PNS dalam mendukung dan menjalankan pelaksanaan tugas sehari-hari, agar terhindar dari hukuman disiplin maupun hukuman pidana, dimana saat ini banyak prajurit yang tersangkut dengan kasus pelanggaran disiplin maupun dengan hukum pidana oleh karena kurangnya pengetahuan dan wawasan prajurit terhadap prosedur pengambilan keputusan dan tindakan dilapangan dalam menjalankan perintah tugas.

Oleh karenanya dengan adanya penyuluhan hukum ini dimaksudkan agar setiap prajurit Kodim 0716/Demak memahami dan mengerti cara bertindak yang benar dalam melaksanakan tugas, sehingga terhindar dari pelanggaran disiplin maupun tindak pidana yang menjurus kepada Hak Asasi Manusia (HAM) yang pada akhirnya dapat merugikan prajurit itu sendiri maupun satuan. Karena bagaimanapun HAM merupakan seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah yang wajib dihormati dan dijunjung tinggi serta dilindungi oleh negara.

Kepala Staf Kodim 0716/Demak Mayor Arm Dede Sudrajat mengatakan, dengan penyuluhan hukum ini prajurit diharapkan dapat merealisasikan aturan hukum dalam kehidupan serta pelaksanaan tugas sehari-hari dengan lebih baik.
Sehingga dalam setiap pelaksanaan tugasnya prajurit berupaya meningkatkan pemahaman terhadap aturan serta larangan-larangan sesuai dengan hukum yang berlaku pada setiap keadaan yang sedang atau akan dihadapi.

Kasdim juga menekankan agar seluruh personil Kodim 0716/Dmk benar-benar bisa menjaga diri dan keluarganya dari bahaya narkoba. Sehingga bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

Ketua tim penyuluh Mayor Chk Winarjo dalam kesempatannya mengatakan, kegiatan penyuluhan merupakan program kerja bidang personel utamanya dalam bidang penegakan hukum.

Menurutnya, tim penyuluh dari Kodam IV/Diponegoro  memberikan pembekalan hukum kepada para prajurit agar tertib dan tidak melakukan pelanggaran hukum.

Adapun materi penyuluhan antara lain bantuan hukum bagi prajurit penyalahgunaan Narkoba, KDRT dan Hukum Disiplin Militer dan PNS. Pengetahuan atau wawasan ini diberikan agar para prajurit tidak melakukan pelangaran.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer