BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Penyuluhan Kesehatan Tentang HIV/AIDS Dari Dinkes Banjarnegara
Penyuluhan Kesehatan Tentang HIV/AIDS Dari Dinkes Banjarnegara

Penyuluhan Kesehatan Tentang HIV/AIDS Dari Dinkes Banjarnegara

BANJARNEGARA – Untuk mengantisipasi, serta mencegah penyakit HIV/AIDS di lingkungan Prajurit TNI beserta keluarganya, Kodim 0704/Banjarnegara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara mengadakan penyuluhan kesehatan tentang HIV/AIDS  di Tribun Makodim Kamis (22/11/18).

Penyuluhan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular bapak Aep Kusuma, SKM  menyampaikan, bahwa penyakit HIV/AIDS merupakan virus yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh manusia sudah rusak atau lemah, maka manusia akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

“AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh. Virus ini hanya dapat menginfeksi manusia, dan membuat tubuh manusia turun sistem kekebalannya. Sehingga, tubuh gagal melawan infeksi” terangnya.

Sedangkan HIV, lanjut dia menjelaskan, didapatkan melalui darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Penularan melalui ibu yang terkena HIV kepada bayi yang dikandungnya dapat terjadi selama proses kehamilan, proses persalinan dan menyusui.

“Perilaku beresiko tinggi terinfeksi HIV melalui suka berganti-ganti pasangan, tidak menggunakan kondom serta pengguna narkoba suntik yang tidak mensterilkan jarum dan suka menggunakannya bersama-sama” ujarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer