BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Penyusunan Rencana Kontijensi BPBD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015
Penyusunan Rencana Kontijensi BPBD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015

Penyusunan Rencana Kontijensi BPBD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015

Bertempat di Hotel BIP  Jl. Pringgosari No. 38 Tawangmangu –  Karanganyar pada tanggal 15 s/d 17 Juni 2015, dilaksanakan kegiatan Penyusunan Rencana Kontijensi BPBD provinsi Jawa Tengah tahun 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur-unsur yang terkait dibidang kebencanaan seperti TNI AD, POLRI, BMKG Provinsi Jawa Tengah, BPBD Kab/Kota, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Dinas PU, Kantor Pemadan Kebakaran dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dibidang kebencanaan.

Penyusunan Rencana Kontinjensi (RenKon) ini sangat diperlukan karena mengingat Provinsi Jawa Tengah terutama Kabupaten Karanganyar  termasuk kawasan yang rentan terhadap ancaman bencana gempa, Tanah Longsor dan Banjir, dimana apabila terjadi bencana gempa, Tanah Longsor dan Banjir maka Rencana Kontinjensi (RenKon) ini akan berubah fungsi menjadi Rencana Operasi Tanggap Darurat. Pada saat itu dilakukan upaya peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat untuk menghindari jatuhnya korban dan kerusakan akibat bencana dan pada saat itu juga dapat dilakukan kegiatan Tanggap Darurat.

Anggota TNI yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kapten Inf Sarwido  Danramil 08/Tawangmangu dan  Serma Sucipto, Bati Bakti TNI Ramil 08/Tawangmangu. Danramil 08/Tawangmangu mengatakan setiap peserta diwajibkan  memberikan data jumlah Sumber Daya Manusia, data sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang lainnya yang berkaitan dengan kegiatan penanggulangan bencana. Dimana dengan adanya data yang terbaru maka dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar kemampuan Provinsi Jawa Tengah terkhusus Kabupaten Karanganyar dalam menghadapi ancaman bencana dan sebagai bahan untuk menyusun Rencana Kontinjensi (RenKon) penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Jawa Tengah.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer