BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Peran Koramil dalam Lomba Adiwiyata di SMP N 1 Ngemplak
Peran Koramil dalam Lomba Adiwiyata di SMP N 1 Ngemplak

Peran Koramil dalam Lomba Adiwiyata di SMP N 1 Ngemplak

(Ngemplak) – Rabu (19/10). Berdasarkan rujukan dari UPT Yandik Kec. Ngemplak bahwa SMP N 1 Ngemplak ditunjuk untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata Tingkat Kab. Sleman. Dalam rangka lomba tersebut banyak proses penyiapan yang harus dilakukan oleh pihak sekolah terutama tentang penyiapan sekolah.

Kemudian atas petunjuk dari Camat Ngemplak bahwa UPT Yandik membantu penyiapan administrasi, sedangkan untuk penyiapan lingkungan dan pangkalan dipertanggungjawabkan kepada Koramil 07/Ngemplak. Dari UPT Yandik memberikan arahan bahwa ada tiga aspek penting yang perlu disiapkan oleh SMP N 1 Ngemplak yaitu aspek kebijakan sekolah yang berwawasan sekolah, aspek kurikulum dengan materi lingkungan, aspek pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan.

Sedangkan kegiatan Koramil 07/Ngp dalam rangka membantu penyiapan pangkalan dan lingkungan langsung dipimpin oleh Pelda Saryanto selaku Bati Bakti TNI Koramil 07/Ngl. Kemudian secara bersama-sama dengan pihak SMP N 1 Ngemplak membuat lubang biopori sebagai sumber resapan air sejumlah 20 titik. Selanjutnya membuat taman sekolah dan apotik hidup. Untuk mengisi tanaman dalam taman dan apotik hidup diperintahkan kepada seluruh siswa dan siswi untuk membawa tanaman hias maupun tanaman obat dari rumah masing-masing.

Pada kesempatan ini Pelda Saryanto menyampaikan penekanan bahwa pemeliharaan lingkungan dan pangkalan jangan hanya dilakukan pada saat mengikuti lomba, tetapi harus dilakukan secara terus menerus sepanjang waktu. Karena faktor lingkungan yang bersih dan sehat akan berpengaruh pada berlangsungnya dunia pengajaran sekaligus akan mempengaruhi hasil didik. Untuk itu Pelda Saryanto berharap agar setelah lomba Adiwiyata pihak SMP N 1 Ngemplak tetap menjaga kebersihan dan kepedulian lingkungan sekolah.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer