BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Perbaikan Saluran Irigasi
Perbaikan Saluran Irigasi

Perbaikan Saluran Irigasi

Irjen Pertanian Kementrian Pertanian RI, Ir Aziz Hidayat MS didampingi Kepala Dispertanhut Bantul, Ir Partogi Dame Pakpahan, Dandim Bantul, Letkol (Kav) Tumadi, S.Sos dan kelompok tani melihat saluran irigasi di Dusun Bibis, Desa Poncosari, Kec Srandakan,Kamis (23/4). (Kodim 0729/Bantul)

Para petani yang tergabung dalam  Kelompok Tani “Randu Sari” Dusun Bibis, Desa Poncosari, Kec Srandakan berharap pemerintah bisa membuatkan ‘intek’ Progo sehingga memperlancar arus irigasi di area sawah mereka yang mencapai 250 hektar. Dengan suplai air yang cukup diharapkan petani bisa menanam padi tiga kali dari sebelumnya dua kali.

Biasanya dalam setahun petani menanam padi, padi dan palawija. Dengan pengairan yang baik petani berharap setahun bisa tanam padi tiga kali. Selain itu pembuatan ‘intek’akan meringankan biaya operasional petani. Mengingat selama ini karena kekurangan air petani harus memompa air dengan biaya Rp 2,5 juta untuk setiap hektar sekali musim tanam. Jika 250 hektar maka total biaya yang dibutuhkan untuk mengairi lahan dalam  sekali musim tanam mencapai Rp 625 juta.

“Kami memohon agar pemerintah bisa membuatkan ‘intek’  Sungai Progo sehingga bisa membantu petani di wilayah ini,”kata Ketua P3A “Randu sari”,Ali Sugiyatmo  saat kunjungan Irjen Pertanian Kementrian Pertanian RI, IR Aziz Hidayat ke tempat tersebut, Kamis (23/4).
Turut mendampingi adalah Kepala Dispertanhut Bantul,Ir Partogi Dame Pakpahan,Dandim 0729/Bantul,Letkol (Kav) Tumadi,S.Sos dan pihak terkait.

Karena biayanya yang besar untuk pembuatan ‘intake’ ataupun pembuatan bendungan, maka pemerintah diharapkan bisa mewujudkan  harapan petani tersebut.
Menanggapi hal itu, Aziz mengatakan akan menyampaikan harapan petani kepada pemerintah pusat. Dirinya menilai harapan itu tidak akan sulit, mengingat biayanya juga tidak terlampau besar.
“Akan saya sampaikan nanti persoalan ini ke Jakarta,”katanya. Selain ke Bibis, Irjen dan rombongan juga mengunjungi area irigasi di Dusun Glodogan, Desa Sidomulyo, Kec Bambanglipuro dan Dusun Piring, Desa Srihardono, Kec Pundong.

Sementara itu Dandim 0729/Bantul, Letkol (Kav) Tumadi, S.Sos mengatakan siap mendukung  program ketahanan dan swasembada pangan yang dicanangkan oleh Presiden beberapa waktu lalu. Selain itu pihak TNI juga sudah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Pertanian dimana TNI AD turut mensukseskan  sektor pertanian di tanah air.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer