BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Perdana “Nyambangi Sekolah”
Perdana “Nyambangi Sekolah”

Perdana “Nyambangi Sekolah”

Semarang, Suara Diponegoro – Radio Suara Diponegoro dan TV Diponegoro Channel melakukan kunjungan ke SMK N 11 Semarang dalam program “Nyambangi Sekolah”, Kamis (25/08/2016). 
Dalam kunjungan ini, Radio Suara Diponegoro dan TV Diponegoro Channel memberikan coaching clinic tentang alur produksi Radio dan TV. Selain itu para siswa juga mendengarkan materi mengenai Proxy War yang disampaikan oleh Kasi Media Elektronik Mayor Inf Ir. Susanto, M. Si.
Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMK N 11 Semarang yang antusias mendengarkan penjelasan dari coach. Dijelaskan dalam coaching clinic tersebut bahwa alur produksi Radio dan TV meliputi proses pra produksi, produksi, dan paska produksi.
Tahap awal yaitu pra produksi terdiri dari penemuan atau pemilihan ide dan gagasan program/tayangan yang kemudian dikembangkan dengan riset yang memadai dan dilanjutkan dalam bentuk tulisan sebuah rencana program sesuai standar broadcasting.
Setelah tahap pra-produksi, proses berlanjut ke tahap produksi dan tahap paska produksi yang tentunya berbeda antara tahapan yang dilakukan Radio maupun TV. Karena hasil yang diproduksi yang berbeda, yakni tv yang menghasilkan video dan radio yang menghasilkan audio.
Dalam kesempatan tersebut diputarkan juga video disertai penjelasan mengenai alur produksi Radio dan TV yang disampaikan oleh Ina Kirana, Produser Radio Suara Diponegoro.
Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan materi mengenai proxy war yang merupakan ancaman ditengah perkembangan teknologi dan informasi. Untuk itu siswa diminta menjadi agent of social control dengan memilih informasi positif yang diterimanya melalui media.
“Apa yang kita lihat dan dengar di media setiap harinya akan mempengaruhi kita, maka dari itu pelajar harus bisa menjadi agent of social control dengan memilih informasi yang positif,” ajak Perwira pemberi materi yang akrab di sapa Pak Santo ini.
Dengan ajakan tersebut para siswa juga harus mampu untuk memilih media yang memberikan informasi yang positif seperti yang diberikan oleh TV Diponegoro Channel dan Radio Suara Diponegoro yang merupakan media dibawah naungan Kodam IV/Diponegoro.
Sebelumnya, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMK N 11 Semarang Drs. Hj. Ahmad Ishom, M.Pd, yang mengharapkan dengan adanya program ini para siswa bisa menambah pengetahuan mengenai dunia broadcasting.
“Semoga kegiatan ini berdampak positif dan juga memberikan tambahan pengetahuan untuk para siswa,” ujar Kepala Sekolah SMK N 11 Semarang dalam sambutannya.
Di sesi akhir acara terdapat juga sesi games berhadiah “Berani Jadi Reporter”. Dalam games tersebut siswa diajak untuk berpura-pura menjadi reporter yang melaporkan berita di depan kamera langsung. Dan setelah selesai acara para siswa juga diajak untuk mengenal peralatan Radio dan TV yang terdapat di Outdoor Broadcasting Van (OB Van) yang terparkir di luar ruangan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer