BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Peresmian Pembangunan Masjid Tajul Arifin di Desa Demangharjo
Peresmian Pembangunan Masjid Tajul Arifin di Desa Demangharjo

Peresmian Pembangunan Masjid Tajul Arifin di Desa Demangharjo

Tegal, senen 8 jun 2015, Danramil 04/Warureja Kapten Inf Radiyono menghadiri acara pengajian dan peresmian Masjid Tajul Arifin di Desa Demangharjo Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.

Kegiatan tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Warureja, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin Zuhri, Pengurus Masjid dan Ketua panitia Tubagus Fahni.

Dalam sambutan Menteri Agama mengatakan kita ketahui bersama, Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Bahkan Masjid pada masa Rasulullah, disamping digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan Masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, pengelolaan Masjid menuntut manajemen yang baik. Manajemen atau pengelolaan yang baik itu, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran Masjid. Kemakmuran sebuah Masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya.

Fungsi utama Masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. Shalat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT. Namun demikian, Masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawakemaslahatan umat dan memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Itulah perlunya memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat, untuk menggunakan Masjid bagi seluruh aktifitas keagamaan dan keumatan. Antara lain, Masjid dapat juga berfungsi sosial dan dapat didayagunakan untuk memberantas kemiskinan, kebodohan, dan kedangkalan iman.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer