BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Peringatan Paskah Satgas Yonif 400/Raider di Kabupaten Keerom
Peringatan Paskah Satgas Yonif 400/Raider di Kabupaten Keerom

Peringatan Paskah Satgas Yonif 400/Raider di Kabupaten Keerom

Paskah selalu diperingati setiap tahunnya oleh Umat Kristiani di seluruh dunia tak terkecuali jemaat GKI Efata Yanamaa , Arso Pir I , Kab.Keerom, Provinsi Papua. Paskah yang dalam Perjanjian Baru, adalah Hari Raya Kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati. Yesus mengorbankan diri pada Jumat Suci sebagai Anak Domba Paskah yang sempurna membebaskan seluruh umat manusia dari dosa dan maut abadi. Dan melalui peristiwa Paskah ini, merupakan landasan Iman Kristen, dan untuk semakin meneguhkan iman dan percaya kepada Yesus Kistus sebagai Tuhan dan Juru selamat.

Perayaan Paskah tahun ini menjadi sangat berkesan bagi anak-anak di Gereja GKI Efata Yanamaa, bagaimana tidak,dalam perayaan Paskah kali ini yang mengambil tema “ Beritakan Kebangkitan Kristus.”, anak-anak dengan usia 6 sampai dengan 15 tahun,berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan yang diberi nama Camping Paskah. Kegiatan Camping Paskah ini berlangsung selama 4 hari, dimulai dari hari Kamis, tgl 2 April 2015, sampai dengan hari Minggu tgl 5 April 2015, yang merupakan puncak acara peringatan Paskah itu sendiri.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh anak-anak Sekolah Minggu ini lebih mengarah kepada kegiatan belajar sambil bermain dalam rangka mengenang bagaiimana Tuhan Yesus Kristus, Sang Juruselamat yang rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia.Kegiatan seperti Cerdas Cermat Alkitab,lomba menghias telur Paskah,permainan seperti lomba makan kerupuk dan membawa kelereng di atas sendok, bahkan sampai kegiatan pembuatan Sabun yang diajarkan oleh Prajurit Satgas Yonif 400/R memberikan pengalaman yang baru untuk anak-anak ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Gereja GKI Efata merupakan kerjasama Panitia Paskah GKI Efata Yanamaa dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 400/Raider. Ketua Panitia Paskah, Saudara Agus Ap ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa untuk perayaan tahun ini begitu berkesan, di mana dalam kesederhanaan dan keterbatasan masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan, namun dengan adanya peran serta dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 400/Raider, acara ini dapat berlangsung dengan baik bahkan membawa kesan yang sangat mendalam terhadap seluruh anak-anak yang mengikutinya.

Panitia Paskah juga sangat berterima kasih kepada Satgas Yonif 400/Raider, yang sangat membantu terselenggaranya acara ini. Bantuan berupa buku dan mainan anak kecil yang diserahkan kepada Panitia dapat dijadikan hadiah bagi anak-anak yang memenangkan lomba selama kegiatan camping Paskah berlangsung. Bahkan anak-anak juga sangat menikmati makanan cepat saji yang dimiliki oleh prajurit TNI yang diolah oleh Panitia untuk melengkapi bantuan makanan yang diperoleh dari keluarga jemaat.

Acara peringatan Paskah yang merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Camping Paskah ini,dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 05 April 2015,diawali dengan pelaksanaan pawai obor yang dimulai pukul 03.00 WIT,berangkat dari halaman gereja,menggunakan rute jalan-jalan kampung dan kembali lagi ke halaman gereja dilanjutkan Ibadah Perayaan Paskah. Perayaan Paskah yang diikuti oleh seluruh jemaat berlangsung hikmat, bahkan di akhir acara sebagai acara tambahan, personil Satgas Pamtas RI-PNG yang mengikuti ibadah Paskah bersama jemaat, melakukan suatu acara yang baru pertama kali dilaksanakan dlm rangka perayaan Paskah, di mana seluruh jemaat khususnya anak-anak Sekolah Minggu berkesempatan mengambil telur Paskah yang digantung di Pohon Pengharapan, dengan sebelumnya memasukkan 2 lembar kertas ke dalam kotak yang masing-masing bertuliskan Keburukan yang Akan Ditinggalkan dan Harapan dan Komitmen. Setelah seluruh kotak terisi oleh lembaran kertas dari para jemaat, selanjutnya Kotak yang berisi Keburukan yang Akan Ditinggalkan diserahkan oleh perwakilan jemaat kepada Ibu Pendeta Lina Batubara untuk selanjutnya dibakar di api unggun,sebagai lambang bahwa dgn momentum Paskah, setiap jemaat meninggalkan semua Keburukan yang pernah dilakukan. Setelah itu disusul oleh perwakilan jemaat yang membawa Kotak yang berisi Harapan Dan Komitmen untuk didoakan oleh Ibu Pendeta agar kiranya setiap Harapan dan Komitmen yang dibuat dalam selembar kertas bukan hanya sekedar tulisan, namun dapat dipertanggung jawabkan kepada sesama, terlebih terhadap Tuhan. Seluruh jemaat sangat bersuka cita dalam merayakan Paskah tahun ini, dan akhirnya rangkaian perayaan Paskah diakhiri dengan menyantap jagung rebus dan bubur kacang hijau yang telah disediakan oleh Jemaat. Tuhan Yesus Memberkati.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer