BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Perkemahan & Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika Koramil 05/Mijen
Perkemahan & Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika Koramil 05/Mijen

Perkemahan & Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika Koramil 05/Mijen

Pada hari Minggu tanggal 17 Januari 2016 untuk kesekian kalinya kemah Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 05/Mijen kembali dilaksanakan, bertempat dikawasan Lapangan Desa Mintorogo Kec. Mijen dan di Makoramil 05 Mijen kegiatan Perkemahan ini diselenggarakan dalam rangka pengukuhan Saka Wira Kartika dengan memanfaatkan momentum libur hari Minggu.

Menurut pemrakarsa Kapten Arm Kartiyo. dalam pelaksanaan kegiatan kali ini, tidak hanya kegiatan kemah Pramuka saja yang dilaksanakan namun juga dilaksanakan kegiatan pengukuhan anggota baru Saka Wira Kartika periode tahun 2016, kegiatan pengukuhana anggota baru tersebut diharapkan dapat memacu semangat para anggota Saka Wira Kartika untuk lebih giat berlatih.

Dalam Upacara pengukuhan dipimpin oleh pimpinan majelis pembina ranting gerakan Pramuka Kecamatan Mijen Kapten Arm Kartiyo di lapangan apel Mintorogo Mijen. Kegiatan yang diikuti oleh 170 orang Pramuka Pria dan 70 orang Pramuka wanita baik pandega, penegak, penggalang dan siaga berjalan dengan tertib aman dan lancar serta banyak meninggalkan kesan mendalam bagi adik-adik Pramuka khususnya kepada satuan karya Wira Kartika yang pada saat sekarang ini menjadi idola adik-adik Pramuka setelah satuan karya Bhayangkara yang dibina oleh kepolisian.

Danramil 05 Mijen mengatakan, Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Kegiatan pembinaan kepramukaan di Koramil 05 Mijen akan menjadi agenda tetap untuk terus ditingkatkan sesuai dengan komitmen Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono yang pada kesempatan ini menyampaikan jadikan acara pengukuhan ini sebagai momentum mengasaah diri dalam menambah ilmu tentang Saka Wira Kartika yang memiliki lima krida, yaitu, Krida Navigasi Darat, Krida ini terdiri atas empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Pengetahuan Peta dan Medan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection, dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS). Krida Pioneering, Krida Pioneering terdiri empat SKK yaitu SKK Tali Temali, SKK Pembuatan Jembatan Improvisasi, SKK Pembuatan Perkemahan, dan SKK Bekal Air dan Listrik. Krida Mountainering, Krida Mountainering terdiri tiga SKK yaitu SKK Panjat Tebing, SKK Turun Tebing, dan SKK Travesing. Krida Survival, Krida Survival terdiri tiga SKK yaitu SKK Jenis-jenis Tumbuhan, SKK Jenis-jenis Binatang, dan SKK Hutan Gunung dan Ralasuntai,”tegas Dandim 0716/Demak.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer