BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Perilaku Warga
Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Perilaku Warga

Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Perilaku Warga

Perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi khususnya di bidang Elektronik dan Komunikasi yang semakin pesat dan tak terbendung, telah membawa perubahan di tengah masyarakat dan mempengaruhi perilaku warganya, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro Ny. Wiwik Joni Supriyanto menyampaikan hal tersebut saat membacakan sambutan tertulis Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro Ny. Munik Jaswandi pada ceramah pendidikan dan kesehatan dengan tema “Sosialisasi Undang-undang ITE dan Sekilas Pandang tentang HIV/AIDS.
Kegiatan ceramah ini diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke 71 Persit Kartika Candra Kirana tahun 2017. Hadir pada acara tersebut para Ketua Cabang, Cabang BS dan Ranting sejajaran PD IV/Diponegoro, para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro, Dharma Pertiwi Daerah D dan Yayasan Kartika Jaya Cabang III Diponegoro, Kepala SMP Kartika III-1, SMP Kartika III-2 dan SMA Kartika III-1 Yayasan Kartika Jaya Cabang III Diponegoro, Perwakilan Kowad dan Dharma Pertiwi Daerah D serta segenap Siswa SMP Kartika III-1, SMP Kartika III-2 dan SMA Kartika III-1 Yayasan Kartika Jaya Cabang III Diponegoro.

Lebih lanjut disampaikan, Seiring dengan perkembangan teknologi ini, perlu adanya upaya kewaspadaan dalam menyikapinya.

Disisi lain, dalam bidang kesehatan juga seharusnya menjadi perhatian kita untuk mewaspadai munculnya fenomena gunung es dengan adanya penyakit HIV/AIDS yang sudah sekian lama semakin meningkat kasus ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas anak didik sebagai generasi muda yang berkarakter maka Persit Kartika Candra Kirana PD IV/Diponegoro turut berperan serta dalam upaya mewaspadai penyelewengan di bidang ITE dengan menghadirkan Dr. Ir nana Storada, SE, MM sebagai narasumber dan upaya pencegahan penularan dari penyakit HIV/AIDS dengan narasumber Dr. Zulfachmi Wahab SpPD-FINASIM, IFO.

Pada sosialisasi UU ITE tahun 2016 yang disampaikan Dr. Ir nana Storada, SE, MM dari Diskominfo kota Semarang mengangkat tema bijak dan cerdas menggunakan teknologi dan media sosial.

Dr. Ir nana Storada, SE, MM menyampaikan, teknologi dan informasi akan berlangsung selama 24 jam. Dengan adanya teknologi dan informasi khususnya transaksi elektronik terjadi perubahan peradaban baru dalam kehidupan masyarakat pada bidang sosial, ekonomi dan budaya secara signifikan berlangsung demikian cepat.

Dijelaskan, globalisasi informasi telah menempatkan Indonesia sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia sehingga mengharuskan dibentuknya pengaturan mengenai pengelolaan Informasi dan Transaksi Elektronik di tingkat nasional sehingga pembangunan Teknologi Informasi dapat dilakukan secara optimal, merata, dan menyebar ke seluruh lapisan masyarakat guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sehingga pemerintah perlu mendukung pengembangan Teknologi Informasi melalui infrastruktur hukum dan pengaturannya sehingga pemanfaatan Teknologi Informasi dilakukan secara aman untuk mencegah penyalahgunaannya dengan memperhatikan nilai-nilai agama dan sosial budaya masyarakat Indonesia.

Diharapkan masyarakat lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan teknologi informasi sehingga tidak terjebak dalam pelanggaran ITE diantaranya pelanggaran hak cipta, pornografi, craker, phising, cyber crime dan hacker.

Sementara itu, pada sesi kedua menghadirkan Dr. Zulfachmi Wahab SpPD-FINASIM, IFO yang merupakan Tim HIV HIV/AIDS RSUD Tugurejo yang enjelaskan informasi dasar HIV/AIDS.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer