BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Persit KCK XVI Kodim 0701/BMS Kunjungi Anggota Legiun Veteran
Persit KCK XVI Kodim 0701/BMS Kunjungi Anggota Legiun Veteran

Persit KCK XVI Kodim 0701/BMS Kunjungi Anggota Legiun Veteran

Mengenakan batik dan peci legiun veteran, Karya Wiraji (91th), berdiri menyambut sejumlah tamu yang berkunjung ke kediamannya di RT 3 RW 5, Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja, Senin (21/9).

Meski berdirinya sudah tidak lagi tegak, namum gaya bicaranya masih lantang. Kepada sejumlah tamu yang berkunjung kerumahnya itu, ia bercerita kenangan semasa jaman perjuangan dahulu.

“Kula gemiyen perang nggawa bedil, bedile sekang kayu (dahulu saat berperang saya memegang senapan yang terbuat dari kayu)”, ucap Pak Karya Wiraji kepada rombongan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 0701/Banyumas dan jajaran Kodim 0701/Bms.

Ia mengatakan, pada zaman perjuangan banyak rekan-rekan sebayanya yang ikut terjun di medan perang mengusir penjajah. Namun saat ini sudah banyak rekan seperjuangannya yang mendahului, dan sejauh ini di Kecamatan Patikraja masih ada 11 legiun veteran selain dia.

Karya Wiraji menjadi salah satu legiun veteran yang dikunjungi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 0701/Bms. Legiun veteran lain yang dikunjungi yaitu Amir MT (92), warga RT 4 RW 2 Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat. Sama dengan Karya Wiraji, Amir juga salah satu legiun veteran yang ikut berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Beliau dahulu ikut berjuang, namun perjuangannya di Makasar. Setelah kemerdekaan tinggal di Purwokerto,” tutur Kasdim 0701/Bms Mayor Inf Amir Ma’ruf, S.Pd yang mendampingi rombongan Persit.

Kondisi fisik Amir MT saat ini sudah jauh menurun akibat faktor usia yang sudah mencapai 92 tahun. Ketika rombongan berkunjung ke rumahnya, ia lebih banyak diam, sebab memang pendengarannya sudah tidak setajam dahulu ketika masih ikut berjuang. Namun kepada rombongan yang datang berkunjung ia sempat berterimakasih. “Terima kasih,” ucapnya lirih dan terbata-bata di atas tempat duduknya.

Sementara itu, menurut Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 0701/Bms, Mila Karmila Erwin Ekagita Yuana, kunjungan mereka ke rumah legiun veteran dilakukan dalam rangka anjangsana untuk memperingati HUT Ke-70 TNI.

“Kami mengunjungi para sesepuh yakni legiun veteran dalam rangka HUT ke-70 TNI. Dalam kunjungan ini kami juga memberi bantuan mereka,” Ijar Ibu Mila.

Menurutnya, kunjungan kepada legiun veteran tersebut, terutama ditujukan bagi para legiun veteran yang kondisinya kurang mampu, makanya rombongan juga menyerahkan bantuan berupa sembako.

Kunjungan tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian kepada legiun veteran, sebab melalui jasa-jasa mereka selama masa perjuangan, kemerdekaan dapat diraih, sehingga saat ini kita dapat menikmati kemerdekaan.

“Kedepan kita juga berharap dapat mengunjungi legiun veteran lainnya, termasuk juga para purnawirawan TNI sebagai bentuk perhatian dan terimakasih kita kepada para sesepuh atas jasa-jasanya”, katanya.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer