BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Persit Kodim Kudus Berlatih Tari Kretek Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal
Persit Kodim Kudus Berlatih Tari Kretek Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal

Persit Kodim Kudus Berlatih Tari Kretek Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal

KODIM 0722/KUDUS(21/8),- Dalam melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat  dapat di lakukan dengan berbagai cara .Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal di antaranya dengan mau mempelajari budaya tersebut,baik hanya dengan sekedar mengenal maupun ikut mempraktikkannya,ataupun dengan cara ikut berpartisipasi dengan mementaskan budaya tradisional.

Tidak mau ketinggalan dalam melestarikan budaya lokal terutama kesenian tari khas Kota Kudus,anggota Persit Kartika Candra Kirana Cab.XLIII Dim 0722/Kudus berlatih gerakan Tari Kretek dengan dipandu oleh Pelatih Tari dari Sanggar Tari di Kudus setiap Jum’at pagi di halaman Makodim 0722/Kudus,Jl Jenderal Sudirman No.39.

Tari kretek merupakan sebuah tari asli Kota Kudus yang menceritakan para buruh rokok yang sedang bekerja membuat rokok, mulai dari pemilihan tembakau hingga rokok siap dipasarkan.Tarian dibawakan beberapa penari perempuan sebagai representasi buruh mbatil dan penari lelaki sebagai representasi dari seorang mandor.

Ny.Ibnu Sukelan selaku Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab.XLIII Dim.0722/Kudus pada kesempatan latihan tari tersebut menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan ini sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian Persit terhadap seni budaya.

Latihan ini juga sebagai salah satu upaya untuk turut melestarikan Tari Kretek sebagai budaya lokal Tari Khas Kota Kudus.Tari Kretek menjadi ikon baru di Kudus karena kini banyak acara atau ivent sering menampilkan Tari kretek,jelas Ny.Ibnu Sukelan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer