BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Personil Kodim 0716/Demak Bersama BPBD Berlatih Bersama
Personil Kodim 0716/Demak Bersama BPBD Berlatih Bersama

Personil Kodim 0716/Demak Bersama BPBD Berlatih Bersama

DEMAK(kodim0716demak.com) — Guna menanggulangi dampak terjadinya bercana alam di Kota Demak terutama bencana banjir, Kodim 0716/Demak bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar latihan bersama guna mengantisipasi datangnya bencana seperti banjir dan sekaligus menyiapkan personel yang mumpuni dalam pengoperasian perahu sekoci dan perahu karet atau LCR di Bendungan Kali Jajar Kadilangu Demak, Selasa (26/1/16) Pagi. Dalam kegiatan tersebut, mereka berkoordinasi secara teknik untuk melakukan bantuan Evakuasi terhadap korban banjir yang terkena dampak bencana alam.

“Latihan ini rutin dilakukan tiap tahun, antara TNI dan pihak BPBD. Tujuannya, untuk mengantisipasi jatuhnya korban bencana alam yang terjadi,” terang Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P.
Kegiatan yang melibatkan perwira hingga staf TNI tersebut, kata Dandim, supaya anggota TNI tidak gagap dan selalu siap ketika terjadi bencana yang tidak diinginkan. Alhasil, jika dalam latihan ini berjalan sukses maka tak menutup kemungkinan saat menghadapi bencana yang sesungguhnya mereka akan terlatih.

“Anggota TNI harus selalu siap siaga dalam keadaan apapun. Maka dari itu, melalui Latihan tanggap bencana banjir ini diharapkan anggota TNI cepat tanggap saat dihadapkan dengan situasi yang sesungguhnya,” terang Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan” Memetakan dampak dari pada elmino baik itu penghujan yang berdampak pada banjir, kita bersama-sama pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi penanggulangan bencana yang ada di Demak ini dengan bahu membahu, membantu yang berhak dibantu di tempat kejadian terutama kejadian bencana banjir dengan cara lapor cepat sehingga kita akan mengetahui dan bisa komunikasi secara langsung pada saat kejadian kita langsung konsul saja itu merupakan manajemen peran kejadian, untuk memerlukan alat angkut baik perahu maupun LCR untuk mengangkut korban,”.

“Dari semua konsul itu, nantinya akan menyerahkan hasil data lapangan dan digunakan mengambil langkah efektif,” kata Dandim.

Dalam kesempatan tersebut Ketua BPBD Demak Drs.Anjar Gunadi juga mengukuhkan unit operasional penanggulangan bencana tingkat kecamatan dan unit pelaksana penanggulangan bencana tingkat desa.

Menurut Ketua BPBD Demak, Kegiatan ini di anggap penting karena merupakan bentuk koordinasi seluruh muspida serta unsur-unsur terkait lainnya dalam penanggulanan bencana, seperti yang telah di atur dalam UU No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Agar para muspida sebagai perangkat daerah tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana. Seluruh muspida juga dituntut untuk ikut serta dalam keadaan siaga dan mengoptimalkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Periksa seluruh peralatan serta dukungan logistik untuk mengantisipasi secara dini.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer