BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Petugas Gabungan Razia Atribut Militer
Petugas Gabungan Razia Atribut Militer

Petugas Gabungan Razia Atribut Militer

GROBOGAN – Petugas gabungan yang terdiri dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/3 Salatiga, Sub Denpom IV/3-1 Blora, Kodim 0717/ Purwodadi, dan Polres Grobogan merazia kendaraan dan atribut militer di bundaran Getasrejo Kota Purwodadi, Rabu (24/9). Tidak hanya internal anggota, masyarakat sipil yang menggunakan atribut kesatuan turut menjadi sasaran penertiban.

Salah seorang warga sipil yang kedapatan mengenakan atribut militer, Solekhan (39) mengaku, jaket loreng tersebut merupakan pemberian saudaranya yang menjadi anggota TNI. “Jaket ini asli dari TNI AD, tapi ini bekas. Jaket ini pemberian saudara saya yang menjadi anggota. Saya juga tidak pernah menyalahgunakan atribut militer ini kok,” singkat warga Desa Tirem RT 02 RW 05 Kecamatan Brati, Grobogan ini.

Sementara itu, Komandan Denpom IV/3 Salatiga Letkol Cpm Asbowo melalui Komandan Sub Denpom IV/3-1 Blora Kapten Cpm Joko mengatakan, jaket loreng yang disita tersebut merupakan jaket motif terbaru milik TNI. Peruntukannya untuk anggota TNI, warga sipil dilarang mengenakannya. Dia mengatakan atribut tentara, termasuk jaket, dilarang dikenakan oleh warga sipil.

“Jika memang anggota, kami minta untuk tunjukkan identitas. Jika warga sipil, saat itu pula kami minta untuk melepas atribut. Selanjutnya atribut tersebut kami sita dan kami berikan surat penyitaan. Jika memang jaket itu milik saudara yang bersangkutan yang menjadi anggota TNI, kami menghimbau pemiliknya bisa mengambil di Mako Denpom IV/3-1 Blora,” ujar Kapten Cpm Joko di sela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut sesuai dengan Surat Perintah Nomor 97/VII/2014 tentang Operasi Gakkumplin Tatib TNI ‘Waspada Wira Keris’ di wilayah Korem 073/Makutarama.

Dalam operasi tersebut, petugas menghentikan semua kendaraan baik militer maupun pribadi yang melintas. “Kami banyak mendapati warga sipil yang mengenakan atribut militer. Selain stiker yang dipasang di plat nomor, kami menyita beberapa jaket loreng yang dikenakan oleh warga sipil,” tandas Kapten Cpm Joko.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer