BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pos Koramil 24/Magelang Selatan Melaksanakan Pengubinan Hasil Panen
Pos Koramil 24/Magelang Selatan Melaksanakan Pengubinan Hasil Panen

Pos Koramil 24/Magelang Selatan Melaksanakan Pengubinan Hasil Panen

PosKoramil 24/ Magelang selatan bersama dengan Dinas pertanian kota Magelang serta Badan Statik Kota Magelang melaksanakan pengubinan hasil panen di lahan Demlot yang dikelola oleh Sukardi petani asal kampung Kiringan kelurahan Tidar utara. Dalam kegiatan ini hadir pula serdaBambang setijawan Babinsa PosKoramil 24 / Magelang selatan yang selalu mendampingi para petani diKelurahan Tidar utara selaku wilayah yang dibinanya.

Dalam kesempatan panen kali ini raut wajahBambang Nampak berseri seri melihat sawah dengan pola tanam system Jarwo sesuai arahannya memasuki masa panen dan menampakkan hasil yang memuaskan. Benar saja ketika Harsoyo petugasdari Badan Statik Kota Magelang melakukan pengukuran sample padi jenis IR-64 di lahan milik Sukardi hasilnya sangat memukau. Beradasarkan teknik pengubinan sampel diambil dengan luas 2.5×2.5mmewakili dari tiap hektarnya padi yang dihasilkan mencapai 6.9kg ini sama halnya dalam setiap hektar padi yang ditanam dengan system jarwo diperoleh 110 kwintal gabah.

Perolehan ini merupakan rekorterbanyak yang diperoleh tahun ini di wilayah Kota Magelang menurut catatan dari Badan Statik kotaMagelang. Hal ini membuat Sukardi semakin bersemangat pasalnya selain mendapatkan hasil panenyang melimpah Sukardi dan kelompok tani di kampung Kiringan dijanjikan akan mendapatkan hadiah dengan bentuk bantuan pembangunan saluran irigasi yang akan mengairi lahan persawahannya.

Dia mengatakan kedepannya akan kembali menanam dan mengajak petani yang lain untuk menanam padidengan system Jarwo dan akan selalu mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah agardapat segera terwujud. Hal senada disampaikan Kisworo petugas dari Dinas Pertanian kota Magelang inimengatakan akan selalu mendorong para petani untuk lebih inovatif dalam mengolah sawahnya. Diaberharap agar para petani tidak segan segan untuk berkonsultasi dengan pihaknya mengenaipermasalahan yang ada di wilayahnya serta bekerjasama dengan Babinsa dan aparat terkait lainnya agarprogram pemerintah khususnya tenteng ketahanan pangan dapat seger terwujud.

Peltu Sudiro selaku komandan PosKoramil 24/ Magelang selatan mengatakan pihaknya akanterus mendorong dan mendampingi para petani yang berada di wilayah teritorialnya. Dalam setiapharinya beliau mewajibkan Babinsa nya untuk turun ke sawah dan mendampingi para petani, sehinggapermasalahan yang timbul cepat diketahui dan dapat segeera diatasi. Dia mengatakan “bahwa mendukung program pemerintah merupakan tugas Negara yang harus diemban, jadi jangan setengah setengah”.

Dia berharap agar Babinsa dibawah pimpinannya serius mendampingi para petani sertamampu menjembatani permasalahan yang dihadapi petani sehingga kesulitan yang dihadapi oleh petani dapat segera teratasi. Hal ini sesuai dengan tugas pokok Teritorial selaku Pembina wilayah yang harusmampu berkolaborasi dengan aparatur terkait untuk menyiapkan wilayahnya dalam mendukung tugas AD dalam operasi perang maupun operasi selain perang. Selain itu fungsi Teritorial diharapkan mampu mendongkrak pembangunan di wilayahnya untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer