BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Potensi Pertanian Lokal Berupa Festival Buah Durian di Kab. Tegal
Potensi Pertanian Lokal Berupa Festival Buah Durian di Kab. Tegal

Potensi Pertanian Lokal Berupa Festival Buah Durian di Kab. Tegal

Tegal – Dalam rangka nguri uri potensi pertanian lokal berupa festival buah durian di Kabupaten Tegal wakil Bupati Tegal ibu Dra. Hj. Umi Azizah membuka acara kegiatan festival buah durian yang bertempat kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal (17/3/2015).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Jefson Marisano S, S.I.P yang diwakili oleh Pa Bung Kodim 0712/Tegal Mayor Czi Fessel,SH., Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Kabupaten Tegal, Kepala Dinas Tanbunhut Kabupaten Tegal Ibu Ir. Khofifah,MM, Para Camat se Kabupaten Tegal, Kepala SKPD Kab. Tegal.

Disamping sub sektor  tanaman pangan yang sedang digenjot untuk dapat mencapai swasembada pangan tahun 2017, maka pembangunan sub sektor lainnya seperti pembangunan di bidang hortikultura dalam hal ini sayur dan buah terus diupayakan terutama mempertahankan komoditas indikasi geografis dan geologis salah satu misinya adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan ekonomi kerakyatan yang difokuskan pada sektor perdagangan, industri dan pertanian.

Untuk durian lokal Jatinegara Bapak Bupati Tegal adalah seniman dan dalang telah menghadiahkan sebuah nama yaitu DURIAN JATRA atau kepanjangan Durian Jatinegara. Dalam rangka festival durian yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Tegal yang berbentuk lomba/festival untuk mencari durian-durian lokal terbaik serta merigrastrasi pohon induk sebagai kekayaan khazanah yang potensial di Kabupaten Tegal.

Maksud dan tujuan adalah untuk mempromosikan dan melestarikan buah lokal unggulan Kabupaten Tegal sebagai komoditas potensial untuk mengajak dan memotivasi masyarakat agar bangga dengan produk komoditas unggulan buah Kabupaten Tegal.

Pada festival buah durian lokal diikuti oleh peserta  pedagang buah sebanyak 42 orang dengan juara pertama bpk.zainudin desa Luwijawa Rt.01/01 dengan hadiah uang tunai sebesar Rp.2.500.000, Piala dan sertifikat, Juara II bpk. Warmo desa Lebakwangi Rt.02/01 dengan hadiah uang tunai sebesar Rp.1.500.000, Piala dan sertifikat, juara III .bpk.Solihin desa. Jatinegara Rt.01/01 dengan hadia uang tunai Rp 1.000.000, piala dan sertifikat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer