BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Prajurit Penerangan Harus Mempunyai Kualifikasi Cyber News
Prajurit Penerangan Harus Mempunyai Kualifikasi Cyber News

Prajurit Penerangan Harus Mempunyai Kualifikasi Cyber News

Dalam rangka membentuk kader prajurit  penerangan yang harus mempunyai kualifikasi Cyber News, Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan Penataran Kader Cyber News yang diselenggarakan di Mako Pendam IV/Diponegoro (13/5). Penataran yang  diikuti oleh perwakilan dari Balakdam IV/Diponegoro, Satpur, Banpur, Satkowil jajaran Kodam IV/Diponegoro dibuka oleh Irdam IV/Diponegoro Kolonel Kav Hasto PR Yuwono.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono dalam amanat tertulis yang dibacakan Irdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi cyber, menuntut setiap prajurit harus memahami dan menguasai teknologi cyber sebagai langkah strategis yang memiliki daya tangkal terhadap ancaman yang datang dari luar.

“Apabila kita menguasai teknologi cyber, maka ancaman, gangguan, hambatan, tantangan yang semakin kompleks akan dapat diatasi dengan baik”, jelas Pangdam IV/Diponegoro.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa penataran ini merupakan langkah percepatan untuk membentuk kader prajurit Cyber News yang handal. Tidak hanya itu, penataran ini juga dapat dimanfaatkan satuan dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas pemberitaan, meningkatkan citra satuan, meminimalisasi kesalahan pemberitaan, sebagai agen/kontributor pemberitaan di wilayah, pendamping wartawan yang akan mengadakan peliputan di satuan.

Di sisi lain cyber news dapat bertujuan untuk membentuk opini positif dan melakukan counter opini.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Elphis Rudy dalam paparan Strategi Komunikasi menjelaskan bahwa saat ini telah terjadi perang informasi yang merupakan bentuk serangan terutama dilakukan melalui fungsi itelejen dan tidak menggunakan kekuatan militer secara terbuka. Namun perang tersebut dilakukan dengan menggunakan media.

Sehingga diharapkan para prajurit tidak ketinggalan dengan informasi yang sedang berkembang yang demikian cepatnya melalui media.

Sementara itu, Candra Adi Nugroho wartawan harian Kedaulatan Rakyat dalam paparan terkait Sinergitas TNI – Wartawan dalam menjalin komunikasi empati menyampaikan, untuk menjalin kerjasama tersebut maka dibutuhkan kedekatan dan keakraban antara wartawan dengan unsur pimpinan, saling memahami tugas dan fungsi masing-masing serta adanya keterbukaan dari wartawan dan sumber berita.

Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan materi tentang pembuatan berita, publikasi melalui radio, cara pengiriman berita, pembuatan citizen jurnalism dan pembuatan Blogspot dan dropbox.

Para peserta tampak antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan terutama dalam penulisan berita terkait kegiatan yang dilaksanakan di Satuannya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer