BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Praktek Alat Pertanian bagi Danramil dan Babinsa
Praktek Alat Pertanian bagi Danramil dan Babinsa

Praktek Alat Pertanian bagi Danramil dan Babinsa

Batang, – Bertempat di areal persawahan Desa Kasepuhan Kec. Batang para Danramil dan Babinsa di bekalli pengenalan alat peralatan pertanian. Dalam kegiatan ini materi di berikan oleh Ibu Karawati dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kab. Batang yang diikuti oleh Danramil dan Babinsa Kodim 0736/Batang.

Dalam Kegiatan ini materi praktek yang diberikan antara lain : cara penanaman padi, penggunaan traktor dan penggunaan transplanter (alat penanaman padi). Praktek diberikan dari pagi hingga siang hari. Dengan adanya praktek ini di harapkan Danramil dan Babinsa dapat mengetahui cara tanam padi secara manual maupun dengan menggunakan alat penanam padi serta dapat menjalankan traktor/alat bajak sawah.

Karawati dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Petenakan mengatakan  bahwa kegiatan praktek diharapkan para Babinsa dapat menjadi pendamping  PPL / Mantri tani di Desa Binaan masing – masing. Yang menjadi kendala di lapangan  rata – rata kelompok tani masih kekurangan alat peralatan pertanian mulai dari traktor dan transplanter. Dimana di Kabupaten Batang masih ada 2 alat Transplanter yang di berikan kepada kelompok tani Desa Kasepuhan dan Desa Klidang Wetan.

Memang benar yang menjadi kendala di lapangan bagi petani adalah masih ada kelompok tani yang belum mempunyai alat bajak sawah dan transplanter. Sehingga dalam mengolah sawah harus menyewa dan menunggu dari kelompok lain yang mempunyai alat bajak tersebut.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Andiek Prasetyo Awibowo,S.I.P yang diwakili Kasdim 0736/Batang Mayor Inf May Artantyo mengatakan, bahwa Danramil dan Babinsa diharapkan tahu cara tanam padi dan penggunaan alat peralatan tani tersebut. Meskipun masih kekurangan tapi jangan dijadikan alasan. Mudah – mudahan dengan adanya Program Swasembada Pangan ini yang menjadi kendala petani dapat terpecahkan dan dibantu oleh pemerintah pusat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer