BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pramuka Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” Bersamaan Warga Melaksanakan Car Free Day
Pramuka Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” Bersamaan Warga Melaksanakan Car Free Day

Pramuka Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” Bersamaan Warga Melaksanakan Car Free Day

WONOGIRI, Minggu (21/2) dari pukul 06.00 s-d 09.00 Wib. dengan mengambil lokasi didepan Kodim 0728/Wonogiri anggota Pramuka SAKA WIRA KARTIKA “RADEN MAS SAID” Kodim 0728/Wonogiri melaksanakan kegiatan Baden Powell Day dengan waktu pelaksanaan bersamaan Car Free Day Wonogiri.

Kegiatannya diikuti 240 anggota pramuka yang berasal dari unsur (DKC) Dewan Kerja Cabang Kabupaten Wonogiri, antara lain dari (Saka WIRA KARTIKA, Saka BHAYANGKARA, Saka KALPATARU, Akper GIRI HUSADA, Gugus Depan Penegak dan Penggalang) se Kab. Wonogiri.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi Senam bersama dan bhaksos pemeriksaan kesehatan gratis yang diperuntukkan masyarakat yang menghadiri kegiatan Car Free Day, serta lomba foto dari anggota Pramuka Saka tutur (Pembina Saka Wira Kartika) Serma Gatot Hariyanto. Selain itu Serma Gatot Hariyanto juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan ketua penyelenggaraKak Ilham RP dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Kab. Wonogiri.

Anggota SAKA WIRA KARTIKA ‘RADEN MAS SAID” adalah binaan Kodim 0728/Wonogiri. Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer