BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Presiden Jokowi Bantu Petani Jawa Tengah
Presiden Jokowi Bantu Petani Jawa Tengah

Presiden Jokowi Bantu Petani Jawa Tengah

Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya Presiden Joko Widodo menepati janjinya untuk datang ke Sukoharjo. Meski hanya setengah jam, namun kedatangan Presiden beserta Ibu Iriani Jokowi kemarin cukup mengobati rasa penasaran warga Sukoharjo. Bahkan hujan yang turun sejak siang pun tak membuat warga beranjak dari lokasi tanam padi.

Jokowi tiba di hamparan sawah Sonorejo, Sukoharjo sekitar pukul 15.50, disambut oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Muspida Kabupaten Sukoharjo dan sejumlah pejabat. Di bawah guyuran hujan, tanpa panggung, tanpa tenda peneduh, secara singkat Presiden Jokowi memberikan bantuan sejumlah alat pertanian untuk seluruh petani se-Jawa Tengah. “Bantuan ini tidak gratis, bukan suruh bayar tapi harus ada target panen, minimal 2 juta ton, saya ulangi 2 juta ton. Saya minta para petani sebagai ujung tombaknya menuju swasembada beras pada tiga tahun ke depan,” kata Presiden Jokowi. “Saya akan awasi, rumah saya Solo jadi dekat bisa mengawasi terus. Kalau tidak dimanfaatkan dengan baik, besuk tidak akan saya beri bantuan lagi,” tandas Jokowi .

Dikatakan presiden, setelah beras, ke depan juga komoditas pertanian lainnya seperti kedelai dan jagung harus ditingkatkan. Jika Jateng berhasil pemerintah akan memberikan bantuan lagi kepada para petani. Menurut presiden, pemerintah tidak mau mendengar lagi keluhan para petani yang menyatakan pupuknya terlambat. Jika masih terjadi keterlambatan, kata Jokowi, pengelola pendistribusian bisa dicopot. “Kami malu saat bertemu dengan Presiden Vietnam, kapan Indonesia minta impor beras lagi. Kita tiga tahun ke depan gantian yang ekspor beras ke negara lain,” kata Jokowi menegaskan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer