BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Produksi Jagung Sudah Memenuhi Kebutuhan Magelang
Produksi Jagung Sudah Memenuhi Kebutuhan Magelang

Produksi Jagung Sudah Memenuhi Kebutuhan Magelang

ProduksijagungpadapanentahuninipemerintahKabupatenMagelangmenargetkan 76, 119 ton pipilankering, hinggabulan September kemarinsudahmencapai 57,146 ton pipilankering. Diharapkanhinggaakhirtahuninijumlahproduksidapatmelebihi target.

Sehingga program pemerintahuntukswasembadajagungdapatterpenuhi. “Hinggabulan September ini  barumemenuhi 75 persendari target,”ucap, EkoWidi, Kepala Bidang Eko Sumberdaya dan Peneglolaan Hasil (SDPH), Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Magelang baru-baru ini.

Musimkemaraubanyakpetani yang memanfaatkanlahansawahnyauntukditanamijagung. Karenatanamanjagungtidakbanyakmembutuhkan air sepertihalnyapadi.

“Beberapatempatsekarangbarubanyak yang melakukanpanenjagung,”tuturnya.

Diaberharap para petanimenggunakanbenih yang berkualitassehinggadapatmeningkatkanproduksijagung di KabupatenMagelang. Jikaproduksijagung di Magelangmelebihi target dapatmembantuwilayah lain yang kurang. “Jika target terpenuhitidakperlumendatangkanjagungdariluardaerah, bahkandapatmemenuhikebutuhan di daerah lain,”ucapnya.

Pemanenananjagungdilakukan di Dusun Kalitulung, Desa Gondowangi, Kecamatan Sawangan. Petani Jagung asal Kalitulung  mengaku cukup puas dengan hasil kali ini karena cukup lumayan meskipun air sangat terbatas ini berkat semua pihak baik dari PPL Desa Gondowangi.

Sertu Sutrisno, anggota Koramil 12/Sawangan membantu petani panen jagung Hibrida menungkapkanpihaknyaselalujugaturutdilibatkandisetiapkegiatanpertanian.

“Keersediaan air berkurangtapihasilpanen kali inisangatmemuaskan, terlihat para petanijugasangatsenang,”tuturnyasaatturutsertamembantupetanimelakukanpemanenan.

Setelahdilakukanpemanenanakandilanjutkanpenjemuranbarukemudiandilakukanpemipilan.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer