BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Pupuk Organik Lebih Efektif dan Efisien

Pupuk Organik Lebih Efektif dan Efisien

Magelang – Danramil 02/Kaliangkrik Kapten Inf Margono dan Babinsa Koramil 02/Kaliangkrik Sertu Turiman bersama petani melaksanakan pendampingan dengan Dewi L (PPL) Kecamatan Kaliangkrik dalam Optimasi lahan dan pembuatan pupuk organik MOL N (pupuk urea alami) yang dipercaya dapat mengganti pupuk yang terbahan dasar kimia.

“ Menurut penelitian pupuk organik dapat menghasilkan panen yang lebih berat timbangannya dan lebih baik dalam pertumbuhan tanaman yang dipupuk dengan pupuk organic serta yang lebih penting lagi tidak menimbulkan efek pada tubuh manusia karena tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia”, ujar Dewi dalam memberikan penyuluhan sebelum praktek pembuatan pupuk organik dimulai.

Praktek pembuatan pupuk organik yang di prakarsai oleh PPL Kecamatan Kaliangkrik yang diikuti oleh sekitar 30 orang anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur yang berada di Dusun Jonggrangan Desa Ketangi. Para petani sangat antusias mengikuti jalannya acara sehingga dikemudian hari dapat dikembangkan atau dapat ditularkan kepada petani lain agar budaya ini bisa memasyarakat dan dapat mengetahui hasil yang lebih baik daripada menggunakan pupuk Kimia kepada khalayak luas.
Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk organic MOL N tersebut sangatlah mudah didapat yaitu antara lain : daun cerecede, buah mojo, rebung, daun marenggo, buah-buahan dan air leri, kemudian dicampur seluruh bahan-bahan tersebut dan diaduk sampai rata. Setiap harinya diaduk dalam jangka selama 1 minggu sehingga akan didapat permentasi pupuk.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer