BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Se Jateng Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Se Jateng Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Se Jateng Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

SEMARANG(3/9) Sebanyak 148 peserta yang terdiri atas pelajar dan mahasiswa se Jawa Tengah mengikuti kegiatan Pembinaan Alumni parade cinta Tanah Air (PCTA) 2015 di wilayah Jawa Tengah, Kamis(3/9) di Aula Balai Soedirman Makodim 0733 Kota Semarang jalan Pemuda semarang.

Kepala Koordinator Daerah Jawa Tengah Kolonel Kav Wawan Tjahjono mengatakan, latar belakang diadakan kegiatan pembinaan alumni Parade Cinta Tanah Air adalah upaya untuk menumbuhkan  sikap bela negara kepada peserta yaitu suatu sikap dan tindakan setiap warga negara untuk menjaga NKRI. Dalam acara ini peserta akan mendapatkan pembekalan dari pemateri mulai dari wawasan bela negara, cinta tanah air, budi pekerti dan akhlak. “adapun sasaran kegiatan ini untuk upaya kita bersama meningkatkan rasa bela tanah air dan  rasa cinta tanah air. Dimana pelajar dan mahasiswa bisa bekerja dan belajar  sesuai tugas dan fungsinya masing- masing,” jelasnya disela-sela acara.  Kolonel Kav Wawan Tjahjono juga menambahkan Kementerian Pertahanan mempunyai program lomba diskusi tingkat SMA dan penulisan artikel untuk tingkat mahasiswa aktif S1 dari perguruan tinggi, nantinya pemenang dari masing-masing kategori tersebut akan dikirimkan ke jakarta untuk maju lomba tingkat nasional.

Adapun pembekalan materi dalam Parade Cinta tanah air yang lainnya juga disampaikan oleh Dandim 0733 kota Semarang Letkol Kav Puji Setiono, Kasat Binmas Polrestabes I Nengah Wirta Dharmayana, Tokoh Agama, Cendekiawan, dan Dinas Pendidikan serta Perwakilan guru dari tiap-tiap sekolah.

Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Kav Puji Setiono  mengatakan, bahwa arus globalisasi telah mempengaruhi budaya bangsa, hal tersebut ditandai dengan maraknya peristiwa yang mengindikasikan adanya sikap-sikap anomali sosial dikalangan pelajar, seperti tawuran, premanisme, penyalahgunaan narkoba, asusila dan sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia, dengan masuknya nilai-nilai budaya atau paham yang datang dari luar memang tidak bisa dihindari, dan nilai-nilai tersebut tidak semuanya berdampak baik bagi bangsa ini.

Tidak sedikit, nilai-nilai itu malah menggerogoti nilai-nilai yang menjadi karakter bangsa kita, dengan adanya organisasi Parade Cinta tanah Air (PCTA) ini diharapkan bisa membangun karakter bangsa kepada generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa sejak dini, baik melalui pendidikan formal di sekolah maupun kegiatan non formal lainnya sehingga akan dapat menangkal segala bentuk ancaman dan hambatan yang ditimbulkan sebagai dampak globalisasi dan mampu membentengi diri serta menanamkan pancasila yang memiliki nilai-nilai kehidupan bangsa, sadar akan kesatuan, cinta tanah air dan kesadaran bela negara yang tinggi.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan pembentukan dan pengukuhan kepengurusan organisasi alumni Parade Cinta Tanah Air 2015/2016 Jawa Tengah, Terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Ahmad zaini (unnes) dan Genio P hardiyanto (undip), setelah organisasi terbentuk dilakukan pemberian bantuan komputer dan printer secara simbolis untuk sekretariat pengurus organisasi alumni parade cinta tanah air. Sekretarias I dan II Hesti Hardana dan Agung Prabowo Kusumo (undip), Bendahara I dan II Laras wahyu Ningrum (IKIP PGRI) dan Mita Melina (SMK 11 Semarang).

Dengan terbentuknya kepengurusan organisasi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) ini akan menjadi wadah untuk para alumni peserta lomba penulisan artikel dan diskusi cinta tanah air dan bela negara yang di gelar Kementrian Pertahanan RI sejak dua tahun lalu di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer