BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Razia Gabungan Nelayan Kedung Malang, Peringatkan Penggunaan Jaring Garuk
Razia Gabungan Nelayan Kedung Malang, Peringatkan Penggunaan Jaring Garuk

Razia Gabungan Nelayan Kedung Malang, Peringatkan Penggunaan Jaring Garuk

Jepara –  Bertempat di perairan Jepara (pantai  desa Kedung Malang dan pantai kecamatan Kedung kabupaten Jepara) dilaksanakan aksi razia oleh gabungan nelayan desa Kedung Malang dalam rangka menolak Nelayan dari wilayah desa Bungo kabupaten Demak maupun dari luar daerah lainnya agar tidak mencari ikan dengan menggunakan alat tangkap ikan jenis garuk (cantrang) di wilayah perairan Jepara, Kamis (13/12/2018).

Nampak hadir dalam razia tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Tengah Ir Agus Purwanto dan Heru Kuswanto Ssos, Kapolsek Kedung Kompol Sukarmo beserta anggota, Camat Kedung atau yang mewakili, Danramil 02/Kedung yang di wakili Babinsa Serma Abdul Kharis, anggota Sat Intelkam Polres Jepara, Kanit Intel Polsek Wedung Polres Demak, anggota Unit Inteldim 0719/Jepara, Satpol Airud Polres Jepara dan anggota Pos AL Jepara.

Aksi tersebut diikuti oleh 9 kapal nelayan (sekitar 100 orang) dengan koordinator sdr Arwani (Koordinator Nelayan desa Kedung Malang) dan koordinator lapangan sdr Mashudi (38) warga RT01/01 desa Kedung Malang kecamatan Kedung.

Dalam razia tersebut, koordinator nelayan menyampaikan bahwa aksi razia dari gabungan Nelayan di lakukan karena merasa telah memberikan peringatan berulang kali terhadap para Nelayan dari luar daerah yang mencari ikan di wilayah perairan Jepara dengan menggunakan alat tangkap ikan jenis garuk dan pernah dibuat nota kesepakatan bersama pada tanggal 16 Oktober 2014. “ Dalam razia, ditemui sekitar 50 kapal nelayan yang menggunakan jaring garuk diwilayah perairan Jepara, namun setelah dihimbau untuk tidak menggunakan jaring tersebut di wilayah perairan Jepara, mereka bersedia pindah. Dan kami sudah mengambil 4 jaring garuk, karena mereka selalu membantah telah menggunakan jaring garuk, padahal sudah ada buktinya”, ucap Arwani.

Menurut Kapolsek Kedung, dengan adanya kejadian ini,  perlu adanya upaya persuasif sehingga permasalahan antara nelayan desa Kedung Malang kabupaten Jepara dan nelayan desa Bungo kabupaten Demak dapat diselesaikan dengan baik tanpa adanya kekerasan maupun pertengkaran.

Di temui di lokasi lain, Danramil 02/Kedung Kapten Arh Rondhy menyampaikan bahwa tujuan aksi tersebut diantaranya untuk memberi himbauan para Nelayan dari wilayah desa Bungo Kabupaten Demak maupun dari luar daerah lainnya agar tidak mencari ikan dengan menggunakan alat tangkap ikan jenis garuk di wilayah perairan Jepara (khususnya wilayah desa Kedung Malang) karena dianggap telah merusak terumbu karang dan habitat laut lainnya serta mengurangi pendapatan nelayan setempat yang masih menggunakan alat tangkap ikan tradisional, pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer