BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Saka Wira Kartika Kodim 0732/Sleman Terima Pembekalan Navrad dan Peta
Saka Wira Kartika Kodim 0732/Sleman Terima Pembekalan Navrad dan Peta

Saka Wira Kartika Kodim 0732/Sleman Terima Pembekalan Navrad dan Peta

Serka Solikin dan Sertu Widodo anggota Staf Teritorial Kodim 0732/Sleman melakukan pembinaan dan pelatihan kepramukaan kepada anggota Sakawira Kartika Dim 0732/Sleman pada Selasa Sore (12/1) lapangan Makodim.

Pada kesempatan tersebut Sertu Widodo memberikan materi navigasi darat dan pengetahuan tentang peta. Sertu Widodo menjelasakan Navigasi darat adalah penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta. Berkaitan dengan pengertian tersebut, pemahaman tentang kompas dan peta serta cara penggunaannya mutlak harus dikuasai.
Selanjutnya Sertu Widodo juga menjelaskan apa pengertian Peta, peta menurut Sertu Widodo merupakan penggambaran dua dimensi pada bidang datar dari sebagian atau seluruh permukaan bumi yang dilihat dari atas, dan diperkecil atau diperbesar dengan perbandingan tertentu. Peta yang diperlukan untuk keperluan navigasi darat adalah peta topografi atau peta kontur. Peta topografi memetakan tempat-tempat di permukaan bumi yang berketinggian sama dari permukaan laut menjadi bentuk garis-garis kontur, dengan satu garis kontur mewakili satu ketinggian.

Serka Solikin mengungkapkan Pembinaan difokuskan pada Pramuka Saka Wira Kartika ini bukan tanpa alasan. “Dengan harapan supaya anggota Pramuka ini dapat menularkan pengetahuan yang telah didapat kepada sesama siswa lainnya yang belum mendapat kesempatan ikut Saka Wira Kartika. Sehingga diharapkan dapat menjadi motivasi dan ketertarikan siswa yg belum menjadi anggota Saka Wira untuk ikut bergabung.
Sertu Widodo menambahkan bahwa materi setiap pertemuan yg dilaksanakan seminggu sekali berbeda beda, seperti tali temali, PBB, wasbang, kedisiplinan, survival dll.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer