BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Salatiga Miliki Puskesmas Ramah Anak
Salatiga Miliki Puskesmas Ramah Anak

Salatiga Miliki Puskesmas Ramah Anak

Puskesmas Sidorejo Kidul resmi di-launching menjadi Puskesmas Ramah Anak oleh Dinas Kesehatan (DKK) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A). Launching dilaksanakan di Aula Kecamatan Tingkir, 25/9.

Launching ditandai dengan penandatanganan kepala DP3A Sri Satuti debagai penggagas Program Puskesmas Ramah Anak dan Kepala DKK Siti Zuraida, disaksikan oleh Camat Tingkir Nunuk Dartini. Usai penanda tanganan kerjasama diserahkan nota kesepakatan bersama kepada Kepal Puskesmas Sidorejo Kidul.

Sri Satuti menjelaskan bahwa komponen Puskesmas Ramah Anak adalah; Tersedia tenaga medis yang memahami tentang hak dan kesehatan anak, Tersedia ruang pelayanan khusus untuk anak dan konseling bagi anak, Tersedia KIE tentang hak kesehatan anak, Memiliki ruang laktasi yang higinis dan melaksanakan IMD untuk puskesmas yang memberikan pelayanan persalinan, Tersedia ruang bermain bagi anak  yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien, Poli MTBS (manajemen terpadu balita sakit).

“Dalam komponen Puskesmas Ramah Anak juga ada pembentukan dan pelaksanaan kelompok pendukung ibu untuk meningkatkan ASI Eksklusif, Merupakan kawasan tanpa rokok, Sebagian besar (50%) sekolah diwilayah kerja Puskesmas UKS-nya minimal mencapai klasifikasi standar, Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) terkait pemenuhan hak anak diwilayah kerja sebagian besar aktif (Posyandu) 50% minimal mencapai pratama,dan puskesmas melaksanakan PKPR dan pelayanan tata laksana,” tambah Kepala DP3A.

“Cakupan pelayanan kesehatan anak meliputi : – Cakupan ASI tinggi – Peningkatan asupan gizi – Layanan anak sakit dengan HIV/AIDS – Imunisasi Dasar Lengkap – Layanan Kesehatan Reproduksi, Tersedia layanan Therapeutic Feeding Centre (TFC) yaitu pelayanan kesehatan untuk mendukung penurunan prevalensi kekurangan gizi pada balita, Fasilitasi dan advokasi kader kesehatan desa, Menerima rujukan anak korban kekerasan,ketrgantungan obat dan anak hamil, Sanitasi lingkungan Puskesmas memenuhi ketentuan standar kesehatan, Tersedia data tentang pemenuhan hak anak yang terpilah sesuai usia,jenis kelamin dan permasalahan kesehatan,” tambahnya

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer