BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / SATGAS PAMTAS RI PNG YONIF 407/PK LAKSANAKAN UPACARA BENDERA DI KAMPUNG BATAS RI-PNG
SATGAS PAMTAS RI PNG YONIF 407/PK LAKSANAKAN UPACARA BENDERA DI KAMPUNG BATAS RI-PNG

SATGAS PAMTAS RI PNG YONIF 407/PK LAKSANAKAN UPACARA BENDERA DI KAMPUNG BATAS RI-PNG

Satgas Pamtas RI PNG Yonif 407/Padmakusuma yang bertugas di sepanjang garis perbatasan RI-PNG di wilayah Kabupaten Merauke dengan menggelar 17 Pos Pengamanan Perbatasan, diantaranya Pos Yakyu. Untuk pertama kalinya Dusun Yakyu Distrik Sota, Merauke melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71, Rabu (17/8).

Dusun Yakyu merupakan daerah terisolir terpisah dengan daerah lainnya yang cukup sulit untuk dijangkau dan langsung berdekatan dengan garis perbatasan RI-PNG. Untuk menuju ke Dusun Yakyu menyeberangi rawa sekitar 3 jam dengan menggunakan perahu ketinting. Sebelum adanya pos di Dusun Yakyu, pada tanggal 7 Agustus 2015 terjadi penurunan bendera merah putih oleh tentara PNG. Untuk menegaskan wilayah NKRI, Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma melaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang ke-71.

Pada upacara tersebut, masyarakat Dusun Yakyu sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut yang baru pertama kali dilaksanakan semenjak mereka berada di sana. Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan acara perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI berupa balap karung, membawa kelereng dengan sendok, bola voli, dan lomba panah tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berburu.
Dansatgas Yonif 407/Padmakusuma Letkol Inf Abi Kusnianto, sebagai inspektur upacara, menyampaikan pesan untuk mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat dalam bekerja demi kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Walaupun berada di perbatasan timur Indonesia dan terisolir tetap merupakan bagian dari NKRI. Untuk itu kita bersama-sama mempertahankan dan menjaga keutuhan bangsa dan Negara.

Dengan terselenggaranya upacara ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangga menjadi bagian dari Negara NKRI serta mempertegas bahwa Dusun Yakyu merupakan wilayah Republik Indonesia yang harus dipertahankan dan diperhatikan.
“Upacara ini kami laksanakan untuk menunjukkan bahwa wilayah Yakyu merupakan bagian wilayah Republik Indonesia. Kami sebagai Satgas Pamtas mempunyai tugas mempertahankan dan mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG dari segala ancaman. Selain itu, upacara Hari Kemerdekaan RI ini juga untuk memberikan efek kepada negara tetangga bahwa Dusun Yakyu merupakan bagian dari NKRI,” tegasnya ketika diwawancarai.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer