BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK Pos Kout Sota Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-71
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK Pos Kout Sota Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-71

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK Pos Kout Sota Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-71

Tanggal 17 Agustus 2016, upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Lapangan Bola Kampung Sota berjalan lancar, meskipun pada awal upacara sempat diguyur hujan beberapa menit namun tidak menyurutkan semangat para peserta upacara.Peserta upacara yang terdiri dari masyarakat kampung Sota, para pegawai Imigrasi Sota, para guru dan siswa SD, SMP, SMK di Sota, anggota Polsek Sota, para Babinsa Koramil Sota, perwakilan anggota Satgas Pamtas RI-PNG Pos Sota, Komunitas Vespa Merauke dan dari berbagai kalangan/komunitasyang hadir dalam upacara di kawasan perbatasan RI-PNG tersebut terlihat begitu semangat dan berseri-seri.

Tahun ini masyarakat Sota bersama seribu lebih warga negara PNG yang sejak 2 (dua) hari yang lalu berangsur datang ke Sota untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.Dalam penyiapan dan pelaksanaan acara tersebut, secara langsung mereka didampingi oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma.

Dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Lapangan Bola Kampung Sota tersebut selaku Komandan Upacara adalah Perwira Bintal Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Lettu Cba Tri Rusman Prasetyo, S. Sos sedangkan sorenya pada upacara penurunan bendera, Dantonkes Satgas Letda Ckm Maksun sebagai Komandan Upacara.

Komandan Paskibra dijabat oleh Pasiter Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Letda Inf Riki Marten. Anggota Paskibra terdiri dari 10 anggota Satgas dan 11 siswa SMP dan SMA di Distrik Sota yang dipilih melalui beberapa tahap seleksi sejak sebulan yang lalu, sehingga optimis bahwa Paskibra tahun ini sudah tentu lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Kepala Distrik Sota Mike Ch Walinaulik, S.STP, M. Si bertindak selaku Inspektur upacara membacakan amanat Bupati Merauke yang mengajak seluruh warga masyarakat Merauke agar saling membantu, bahu-membahu dan bergotong-royong dalam membangun dan memajukan Merauke. Pada sore harinya, pada upacara penurunan bendera Danramil Sota Mayor Czi Abdul Komar menjabat Inspektur upacara.

Menurut beberapa masyarakat Sota, tahun ini adalah peringatan Hari Kemerdekaan RI yang paling bagus dan meriah karena selain lomba panjat pinang dan lomba gendong istri, setelah upacara juga ada acara “cross border wonderful Indonesia Music and Dance Festival” dengan mendatangkan artis Mila Cheah, Erlyn Suzan dan Nenk Kece dari Jakarta dan beberapa group lokal dari Merauke.

Wadan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Mayor Inf Ari Iswoyo Timor seusai upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 mengungkapkan bahwa acara “cross border wonderful Indonesia Music and Dance Festival”di lapangan kampung Sota merupakan acara yang memerlukan kerjasama seluruh komponen masyarakat Sota baik TNI, Polri yang bertugas di wilayah Sota juga seluruh masyarakat Sota beserta instansi pemerintah setempat, oleh karena itu seluruh komponen masyarakat harus saling bekerjasama dan berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan, ketertiban dan keberhasilan acara tersebut.

Harapan Beliau ke depan agar seluruh komponen masyarakat di Sota selalu bersatu padu dan senantiasa menjaga kekompakan dan kerjasama demi pembangunan serta kemajuan bangsa Indonesia secara umum dan Kabupaten Merauke, Distrik Sota pada khususnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer