BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Selamatkan Sungai Untuk Anak Cucu
Selamatkan Sungai Untuk Anak Cucu

Selamatkan Sungai Untuk Anak Cucu

Musim hujan sudah tiba saat ini untuk wilayah Wonosobo setiap hari diguyur hujan dengan instensitas yang cukup tinggi.  Dengan intensitas yang tinggi dan tiap hari maka sebagian wilayah merasa cemas karena dikhawatirkan banyak bencana.  Untuk itu berbagai langkah pencegahan terhadap bencana terus dilakukan oleh semua element masyarakat termasuk didalamnya Koramil 07/Kalikajar. Untuk itu diselenggarakan karya bakti  dan apel bersama serta Launching pekan lingkungan hidup dan program kali bersih Tingkat kecamatan d Desa Maduretno Kec Kalikajar.

Koramil 07/Kalikajar mengandeng semua instansi yang ada di kecamatan untuk bersama sama melaksanakan karya bakti membersihakan sungai bengaluh.  Acara karya bakti dalam rangka Dengan adanya kerja bakti bersama – sama tersebut maka akan timbul rasa memiliki dan rasa tanggung jawab untuk menjaga serta melestarikan demi anak cucu kita semua. Demikian ungkapan Danramil Kalikajar Kapten Czi Sarwiyono. (17/10)

Menurutnya, kegiatan membersihkan sungai ini memiliki tujuan untuk memberikan pembelajaran dan keteladanan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan bersih.“Bisa dilihat saat ini sungai kotor dan sampah cukup banyak. Padahal air dari sungai ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk pertanian dan kolam ikan. Air bersih akan sanagr bermanfaat untuk kepentingan masyarakat juga,” ujarnya di lokasi sungai.  Menjaga kebersihan dan memelihara sungai merupakan kewajiban semua pihak, terutama warga yang berada di sekitaran sungai. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap sungai.

Dalam kegiatan karya bakti membersihkan sungai ini, dikatakan Danramil didukung oleh berbagai pihak selain masyarakat, ormas juga termasuk Dinas Kebersihan. Sehingga dengan kerjasama antara TNI dan masyarakat dalam waktu yang cukup singkat, sampah yang menumpuk disungai cepat bersih. “Tentunya membersihkan sungai dan karya bakti lainnya akan terus berlanjut. Jadwalnya jumat bersih dengan sasaran tempat umum dan kepentingan masyarakat,” katanya.

Senada dengan Daramil, Camat Kalikajar Wihartono SE juga berharap kepada masyarakat untuk saling mengingatkan, bila ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai agar diingatkan dan ditegur hingga sadar dan tumbuh kepedulian cinta kebersihan. “Karena kebersihan itu kepentingan semua masyarakat, dengan bersih tidak ada lagi sumber penyakit dari kotoran dan sampah,” pungkasnya.

Dengan  adanya karya bakti ini masyarakat sangat terbantu  dalam membersihkan sungai. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat lebih sadar untuk peduli terhadap lingkungan. “Kebersihan sangat penting dan sungai bersih juga itu penting untuk kesehatan. Kami mengucapkan kepada seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih ini tertutama kepada TNI,” pungkasnya

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer