BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Serasehan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016
Serasehan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016

Serasehan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016

Yogyakarta, Rabu (9/8) Wadanramil 12/Gondomanan Lettu Kav Rusdin menghadiri undangan serasehan penanggulangan bencana daerah istimewa Yogyakarta. Serasehan yang di buka oleh Bp. Hery siswanto selaku kepala pelaksana BPBD DIY, menyatakan untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 11 macam kerawanan bencana dari 14 macam bencana yang masuk dalam daftar bencana nasional diantaranya, GempaBumi, Sunami, Banjir, Tanah longsor, Letusan Gunung api, Cuaca Extrim( Angin puting beliung/ Angin kencang), Abrasi, Kekeringan, Kebakaran, Epidemi dan wabah serta Kegagalan Tehnologi.

Dari banyaknya kerawanan bencana perlu adanya senergitas dari ketiga unsur dalam komponen warga negara baik dari Aparat pemerintah, keamanan dan warga masyarakat dalam bentuk PRB ( Pengurangan Resiko Bencana ) dan harus ditingkatkan kapasitas antisipasi,proteksi dalam masyarakat dari kerentanan terhadap ancaman, kerentanan fisik, kerentanan sosial, kerentanan ekonomi dan lain-lain serta adanya sosialisasi serta pelatihan terhadap ancaman sehingga memiliki pengetahuan tentang fenomena alam di wilayahnya sesuai kerawanan yang akan timbul.

Wawan Joko S dari BMKG menjelaskan terjadinya angin puting beliung, angin kencang serta petir diakibatkan terbentuknya awan Lanena sehinga membuat tekanan udara kuat kebawah dan terjadi pada tempat yang sama, pernah terjadi dengan kurun waktu tertentu seperti daerah UGM dimana perbedaan suhu cuacu daerah perkotaan padat dan daerah penghijauan/pepohonan lebat,Wawan menyampaikan kepada seluruh yang hadir dan untuk disebarkan ke masyarakat luas agar dapat mengetahui cuaca exstrim bisa sms ke No. 2880151 serta Gempa dan petir ke No. 6498383 atau ke www.bmkgyogya.net dan www.bmkg.co.id.untuk mengetahui keadaan cuaca dalam mengantisipasi terjadinya fenomena alam.

Akhir dari serasehan ditutup dengan penyerahan sarana penanggulangan bencana secara simbolis dari Kepala Pelaksana BPBD Provensi DIY Bp. Hery S kepada Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Bp. Agus Winarto berupa 2 unit Damcar, sengso dan perangkat lainnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer